Pengembangan Aalat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD

Authors

  • Luh Putu Indah Budyawati FKIP Universitas Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.26428

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menghasilkan sebuah produk alat permainan edukatif berupa Pop Up Book bertema budaya lokal Osingyang teruji kelayakannya secara teoritik oleh ahli serta kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu: (1) preliminary research (penelitian awal), (2) prototyping phase (tahap pengembangan), dan (3) assessment phase (tahap penilaian). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian dikelompokkan sesuai dengan tiga aspek yang akan dinilai yaitu data kevalidan, data kepraktisan, dan data keefektifan produk. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan terhadap 40 orang anak usia 5-6 tahun di TK Kabupaten Banyuwangi, maka ditunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alat permainan edukatif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan produk Pop Up Book sudah teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya. Adapun saran yang diperoleh adalah dapat mengembangkan Pop Up Book dengan tema yang lebih beragam.

Kata-kata kunci: Pop Up Book, Alat Permainan Edukatif, Budaya Osing

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Indah Budyawati, L. P. (2020). Pengembangan Aalat Permainan Edukatif Pop Up Book untuk Mengenalkan Budaya Osing di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 139–149. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.26428

Issue

Section

Articles