Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Kadek Indah Udiani Universitas Pendidikan Ganesha
  • M.G Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdsarkan rendahnya kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan. Guru membutuhkan video pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujan untuk menciptakan rancang bangun dan mengetahui validitas media video pembelajaran pengenalan lambang bilangan berbasis teori Brunner untuk anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah 5 yaitu 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran dan 3 orang anak usia dini pada uji perorangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Uji validitas yang dilakukan oleh ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran memperoleh skor  88,76% dengan kualifikasi sangat baik, serta uji coba perorangan memperoleh skor 91,3% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media media video pembelajaran pengenalan lambang bilangan berbasis teori Brunner ini layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dalam penelitian ini dapat mengasah kemampuan guru dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan Pendidikan dan tentunya dapat membantu anak untuk mengenalkan lambang bilangan dengan menggunakan video pemebalajaran yang menarik.

Author Biographies

Ni Kadek Indah Udiani, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

M.G Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

References

Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227.

Agustin, R., Nurmalia, & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpk), 3(1), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1385.

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Urnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 9–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/ muallimuna.v3i1.952.

Caesaria, C. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 3d Berbasis Software Blender pada Materi Medan Magnet. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 03(01), 41–57. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2918.

Efendi, Y. A., Adi, E. P., & Sulthoni. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097.

Fahreza, F., & Husna, N. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 4(2), 37–48. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11.

Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.

Fazriah, S. L., Hafshah, T. A., & Maranatha, J. R. (2021). Penggunaan Media Film Animasi Bisu Untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta. Jurnal Upiedu, 1(1), 22–27. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33199.

Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656.

Handayani, N. W. P., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 221. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235.

Handziko, R. C., & Suyanto, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 212. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7508.

Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87–97. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/phi.v5i2.141.

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346.

Ismailah. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika untuk Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 482. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/ download/1463/1349.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112.

Khoirunnisa, D., Rini, R., & Sofia, A. (2018). Penggunaan Kartu Angka Bergambar dan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 34(3), 234–235. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/16844.

Kurniawan, M. P. (2018). Perancangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini Mengenal Nama-Nama Benda. Jurnal Amikom, 6(1), 11–25. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/ article/view/2010.

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588.

Lestari, D. (2017). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 129–141. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.

Lestariningrum, A., & Handini, M. (2017). Analisis Pengembangan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Permainan Tradisional. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 215–225. https://doi.org/10.21009/JPUD.112.02.

Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 1(1), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/j-instech.v1i1.13.

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32.

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612.

Panje, M., Sihkabuden, & Toenlioe, A. J. E. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan, 1(8), 1473–1478. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.17977/jp.v1i8.6617.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. 07(01), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. PAPEDA : Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 03(02), 128–136. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206.

Suripatty, P. J. P., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 100. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282.

Sya’bania, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 94. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Udiani, N. K. I., & Kristiantari, M. R. (2021). Video Pembelajaran Pengenalan Lambang Bilangan Berbasis Teori Brunner untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 202–210. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34445

Issue

Section

Articles