Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Putu Mega Diantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Uneversitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Keywords:

Tri Hita Karana, Aspek Afektif

Abstract

Penelitian ini dilakuakan didasari oleh pembelajaran yang kurang menarik atau bersifat monoton akibat dari pandemi. Masa pandemi juga membuat proses pembelajaran lebih dominan dilaksanakan menggunakan handphone. Penelitian ini bertujan untuk menghasilkan rancang bangun dan mengetahui validitas media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang diantaranya ahli isi pembelajaran 1 orang, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran 1 orang, dan pada uji perorangan menggunakan 3 orang anak usia dini kelompok B. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil persentase uji validitas oleh ahli isi pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi baik, dan uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat baik. Jadi dapat dinyatakan bahwa produk media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif ini layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini adalah video animasi yang dikembangkan ini dapat menjadi solusi dari permasalahan pembelajaran daring yang ada di sekolah. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu mengembangkan media video animasi bertema Tri Hita Karana pada aspek afektif anak usia dini. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk membuat pembelajaran daring tidak monoton, karena media ini dibuat dengan visualisasi yang menarik yang akan meningkatkan motivasi belajar anak.

Author Biographies

Ni Putu Mega Diantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

Anak Agung Gede Agung, Uneversitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Akbar, N. T. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan, 1(6), 1120–1126. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456

Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Instruksional, 1(2), 172–180. https://jurnal .umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/6264.

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org /10.31004/obsesi.v1i1.33

Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25105

Artana, I. (2016). Tri Hita Karana Meningkatkan Kualitas Modal Manusia Dari Persfektif Kesehatan. PIRAMIDA Jurnal Kependudukan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 10(2), 100–105. https://doi.org/https://ojs.unud.ac.id/index.php/piramida/article/download/18699/12187

Darmadi, H. (2015). TUGAS, PERAN, KOMPETENSI, DAN TANGGUNG JAWAB MENJADI GURU PROFESIONAL. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Fazriah, S. L., Hafshah, T. A., & Maranatha, J. R. (2021). Penggunaan Media Film Animasi Bisu Untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini TK Kemala Bhayangkari 10 Purwakarta. Indonesia Journal of Community Service In Engineering and Educaion, 1(1), 22–27. https://vm36.upi .edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33199/14277

Febiharsa, D., & Djuniadi, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 75. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.590

Fitri, N., & Idris, M. (2019). Nilai Pendidikan Islam dalam Qur’an Surah Luqman Ayat 1-19: Tinjauan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, 1(1), 32–46. https://doi.org/10.5281/zenodo.2667704

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29

Isbayani, N. S., Sulastri, N. M., & Tirtayani, L. A. (2015). Penerapan Metode Outbound Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 41(5), 430–443. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v3i1.6148

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Jamun, Y. M., & Momang, H. D. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini Berbasis Multimedia. 7, 7–20. http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.6209

Luthfiyah, E., & Rakhmawati, N. I. S. (2018). Pengembangan Permainan Domino Angka terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 1–8. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/24150.

Mahardika, G. Y., Sindu, I. G. P., & Suyasa, P. W. A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Tri Hita Karana Dan Catur Guru Dalam Mata Pelajaran Agama Hindu Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar “ Studi Kasus SDN 1 Tangguwisia .” 8(3), 500–509, http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v8i3.21341.

Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 60–67. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300

Maslina, A. S. A. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Dengan Media Audio Visual Pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Di Pendidikan Dasar. In Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.12928/jpsd.v7i1.14467

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Nenny, M., YASMIS, S., & ABNA, H. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia 4-6 Tahun ) Di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/: https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03

Nofikasari, I., Suryani, F., & Yuliana, M. E. (2019). Induksi Teknologi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Paud Aisiyah Al- Hasanah Sukoharjo. September, 3–5. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sndms/article/view/3264.

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Nurjanah, E. (2017). Teknik dan Instrumen Asesmen PAUD Ranah Afektif: Teknik Non Tes. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 3(1), 25–38. https://ejournal.inzah.ac.id/index.php/attalim/article/view/291.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2). https://journal.uny.ac.id/index.php /cope/article/viewFile/2913/2434.

Putra, I. G. L. A. K., Tastra, I. D. K., & Suwatra, I. I. W. (2014). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SDN 1 Selat. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3939

Rahmayani, A., Siswanto, J., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9964 /4705

Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5, 54–63. https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.362.

Suandi, A., & Pamungkas, P. D. A. (2019). Multimedia Interaktif Pembelajaran Ips Kelas 7 Berbasis Android Pada Mts Al-Wasliyah Jakarta Timur. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 66. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1087

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran (Issue September). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudaryono, Desrianti, D. I., & Maulida, S. N. (2018). Media Animasi Interaktif Untuk Anak Usia Dini Pada Ra Yasir Tangerang. ICIT Journal, 4(2), 168–179. https://doi.org/10.33050/icit.v4i2.91

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(9), 133–140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394

Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Syarifah, H. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Bandung: Graha Ilmu.

Wirman, A., Yulsyofriend, Y., Yaswinda, Y., & Tanjung, A. (2018). Pengunaan Media Moving Flahscard Untuk Stimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 54–62. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.290

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wulandari, I. A. G., & Suyanta, I. W. (2019). Guru Kreatif Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Taksonomi Bloom. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 37–40. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.736

Yoniartini, D. M. (2020). Konsep Tri Hita Karana Bagi Anak Usia Dini. Malang: Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2021-07-11

How to Cite

Diantari, N. P. M., & Gede Agung, A. A. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)