Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini

Authors

  • Ni Ketut Sumiati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Keywords:

buku cerita, audio visual, empati

Abstract

Mengingat masih rendahnya kemampuan empati pada anak, sedangkan guru belum dapat memberikan stimulus melalui media pembelajaran yang lebih efektif serta bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas buku cerita bergambar digital berbasis audio visual dalam upaya untuk menstimulasi kemampuan empati anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini ada tiga yaitu ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan tiga orang anak kelompok B. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pengembangan aplikasi buku cerita bergambar digital berbasis audio visual melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh ahli materi memperoleh persentase skor 85% dengan kualifikasi baik. Hasil uji validitas aplikasi buku cerita bergambar anak oleh subjek uji coba perorangan memperoleh persentase skor 97% dengan kualifikasi sangat baik.

Author Biographies

Ni Ketut Sumiati, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

Luh Ayu Tirtayani, Universitas Pendidikan Ganesha

PG PAUD

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Anggraini, W. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Mengembangkan Empati Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Didaxei : Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466.

Arofa, I. Z. (2018). Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(61), 89–100. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5435.

Asiah, A. (2019). Implementasi Sistem Full Day School dalam Mengembangkan Empati Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 247–258. https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-03

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578.

Astami, N. W. R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Menyimak Kelompok B TK Gugus II Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 206. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18996.

Dewi, N. P. D. S. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B1 TK Tunas Daud Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 78–87. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18761.

Dewi, Y. A. S. (2018). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B RA Riyadlul Jannah Wrati Kejayan Pasuruan. PROCEEDING: The 3rd Annual International on Islamic International Education, 3. https://doi.org/10.31219/osf.io/equkr.

Dheasari, A. E. (2020). Pengembangan Media Bigbook Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 12(1), 41–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i1.3705.

Fujiyanto, A. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576.

Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216.

Handayani, L. (2020). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter pada Ranah Sekolah bagi Siswa SMP Kelas VII di Kabupaten Kendal. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 8(2), 107–115. https://doi.org/10.15294/piwulang.v8i2.33494.

Hariyanti. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari. Jurnal Penelitian PAUD, 3(2), 106–120. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.520.

Hidayah, N., & Rohmatillah, R. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Islami Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Pembelajaran Membaca di SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 27. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2668.

Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126.

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan aplikasi android berbentuk education games berbasis budaya lokal untuk keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2345.

Kurniawati, R. T. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634.

Mardliyah, S. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.

Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040.

Mawarani, G. (2019). Hubungan Antara Kecenderungan Internet Addiction Dengan Empati Pada Anak Sekolah Dasar. Cognicia, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol7.No1.%25p.

Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas PAUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18–30. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975.

Misnawan, I. W. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 282. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28266.

Nashukah, F. (2013). Perbedaan Kematangan Emosi Remaja Ditinjau Dari Struktur Keluarga. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2), 93. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n2.p93-102.

Nugraheni, I. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Education, 4(3), 322–329. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085.

Nur Hidayah, A., & Nurhadija, N. (2018). Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Moral. Jurnal Smart Paud, 1(1), 73. https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3523.

Nurani, I. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Audio Visual Pokok Bahasan Sintesis Protein Untuk SMA. Jurnal VARIDIKA, 28(1), 90–95. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i1.1961.

Nurfazrina, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun (Literature Review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285–299. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30447.

Nurjanah, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 69–83. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2201.

Pertiwi, K. S. (2020a). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335.

Pertiwi, K. S. (2020b). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335.

Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984.

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601.

Putri, A. D. (2020). Nilai Antikorupsi Dalam Buku Cerita Bergambar Peternakan Kakek Tulus dan Byur! KEMBARA :Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 6(1), 49–61. https://doi.org/10.22219/kembara.v6i1.11353.

Putri, Q. (2021). Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 20. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v4i1.4812.

Rachmah, D. N. (2014). Empati Pada Pelaku Bullying Empathy At The Bullies. Jurnal Ecopsy, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v1i2.487.

Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1), 57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717.

Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875.

Ratnasari, E. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275.

Rosvita, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Berbasis Kemampuan Membaca Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, VI(1), 23–34. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.368.

Rosyadi, A. A. P. (2020). Development of Interactive Mathematic Stories (BuCIM) Based on Dienes Theory. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 235–243. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.678.

Setiantono, T. (2012). Penggunaan Metode Bercerita Bagi Anak Usia Dini Di PAUD Smart Little Cilame Indah Bandung. Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 18–23. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p18-23.611.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidiakan). Alfabeta.

Surachman, D. (2020). Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99.

Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 110. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.5310.

Sutanti, T. (2015). Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 188–198. https://doi.org/10.26858

Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049.

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 02(02), 141–152. https://doi.org/10.36764/jc.v2i2.157.

Tarini, N. M. W. S. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Cerita Rakyat Terhadap Perilaku Empati Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15044.

Tegeh. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidiakn Universitas Pendidikan Ganesha.

Vindaswari, R. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(3), 148. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661.

Wicaksono, G. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Interaktif Terhadap Kemampuan Siswa Menemukan Isi Cerita. Joyful Learning Journal, 9(4), 224–229. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i4.40868.

Downloads

Published

2021-07-12

How to Cite

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>