PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpb.v6i1.21923Keywords:
Make A Match, Cauple Card, Motivasi Belajar, Hasil Belajar BiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan antara motivasi belajar dan hasil belajar biologi materi sistem ekskresi pada manusia secara bersama-sama terhadap siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media couple card dan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media couple card dan model pembelajaran konvensional dan (3) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi materi sistem ekskresi pada manusia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match berbantuan media couple card dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian non equivalent pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian ini dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 2 Banjar dengan teknik simple random sampling dan subjek analisisnya adalah siswa dengan jumlah sampel 62 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes dan non tes sedangkan teknik analisis data yaitu Mancova. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar secara signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Make A Match dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.References
Ari, N.L.P.M. 2018. Pengaruh Model Pemebelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas V di Gugus II Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Astika, N.N., M. N. Ayu. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A MatchTerhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol. 2, No.2/ September 2012.
Gintings, A. 2008.Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Ibrahim.2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.Jurnal.Vol.3 No. 2. 2017.
Kurniasih, I., B. Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.Kata Pena.
Mc. Donald, Frederick. 1959. Educational Psychology. Tokyo: Wadsworth Publishing Company.
Munir, M. K. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Yapis Manokwari. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar. Vol. 2 No. 1. 2018.
Prasetya, D. 2013. Implementasi Metode Think Pair Share dengan Menggunakan Media Couple Card pada Kompetensi Dasar Kenampakan Alam dan Keragaman Suku Bangsa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sidorejo 02 Saradan Madiun. (skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pratiwi, N.W.D. 2017.Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Gugus 1 Kuta Selatan Tahun Ajaran 2017/2018.(Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Ratnasari, N.W.F. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Berbantuan Media Flash Card Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Denpasar Selatan. (Tesis). Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pasca Sarjana. Undiksha.
Ruseffendi. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Ekstra Lainnya. Bandung: Tarsito.
Rusman.2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.
Sanjaya, W. 2010.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Prenada Media Group.
Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Depok.
Setiawati, N.L.,M., Dantes, N., Candiasa, L.M., 2015. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLB Negeri Tabanan.E Jurnal Pasca Sarjana Undiksha.Vol. 5 No. 1. 2015.
Sholihah, B. 2010.Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Pembelajaran IPA dengan Metode Make A Match pada Siswa Kelas 2 SDN 01 Pulosari Kebakkramat Karanganyar.(Skripsi).Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 1990. Jakarta: PT Amas Duta Jaya.
Uno.H.B. 2011.Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan.Bumi Aksara. Jakarta.
Wibowo, K. P., Marzuki. 2015. Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS. Vol.2, No. 2. September 2015.
Wulandari, K. E. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Semester Genap di SD Gugus VIII Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.(Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Wora, M.A.H. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sukasada. (Skripsi).FMIPA. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Yudiastari, K.L. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014. FMIPA. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Zulaikha, S. 2014. Pembelajaran Dengan Metode Couple Card Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di MI NU Mfitahul, Huda IV Beji Pasuruan.Jurnal Review Pendidikan Islam.Vol. 01, No. 2, Desember 2014.