EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PERTANYAAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BANJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpb.v6i2.21926Keywords:
inkuiri terbimbing, pemahaman konsep, keterampilan proses sainsAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pertanyaan terhadap pemahaman konsep dan (2) mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pertanyaan terhadap keterampilan proses sains siswa. Desain penelitian menggunakan one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Banjar. Sampel yang digunakan adalah kelas VII 5 yang berjumlah 32 siswa yang diperoleh dari teknik sampling sederhana. Data pemahaman konsep dengan metode tes dan keterampilan proses sains dengan metode observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif dan statistik One Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pertanyaan efektif terhadap pemahaman konsep, dan (2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pertanyaan efektif terhadap keterampilan proses sains.
References
Adnyana, P.B dan Desak Made Citrawati. 2017. The Effectiveness of Question-Based Inquiry Module in Learning Biological Knowledge and Science Process Skills. International Journal Of Environmetal Science Education 12(8) 1875-1877
Alhudaya, Muhammad Taufiq. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Optik. Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomi for Learning, Teaching, and Assesing; A revision of Bloom’s Taxonomi of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.
Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bire, Markus Oktovianus Here. 2017. Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Tumbuhan Akibat Pembelajaran Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017. Program Studi Pendidikan Biologi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan So’e
Bryce, T. G. K. K., Mc Call, J., Mac Gregor, J., Robertson, I. J.,& Weston, R. A. J. 1990. Techniques for assessing process skill in pratical science: teacher’s guide. Oxford: Heineemann Educational Books.
Dewi. 2014. Pengunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mengingkatkan Rasa Ingin Tahu dan meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsak. Skripsi. Bandung: Tidak Diterbitkan
Hartono. 2007. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh SI PGSD Universitas Sriwijaya. Seminar Proseeding of The International Seminar of Science Education, 27 Oktober 2007. Bandung.
Ngertini, N dkk. 2013.Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amlampura. E-journal Program Studi Administrasi Pendidikan 4(3) 10-15
Safira, Yuazulfa Widya & Titin Sunarti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Sma Negeri Mojoagung. Jural pendidikan fisika 7(3) 3-5
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Utari Vivi, Ahmad Fauzan, & Media Rosha. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan PMR dalam Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), :33-38.
Wardani, Eko N. 2016. Learning Media Using Wayang Wong To Introduce Local Wisdom Of Javanese Culture For The Student Of Indonesia Language for Foreign Learners. Journal Of Arts, Science & Comerce 1(3)
Winnihastuti, Irma Justia & Hermin Budiningarti. 2018. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Di SMA 11 Surabaya Materi Usaha Energi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 7(2) 196-200
Yeritia Suci, Wahyudi Wahyudi, Satutik Rahayu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(2) 15-17
Yulianti, Novi. 2016. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendas. 2(2) 5-6