EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN STM DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Ruhul Hadawiyah
  • P. Budi Adnyana
  • I. W. Sukra Warpala

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v6i2.21930

Keywords:

Sains Teknologi Masyarakat, Pemahaman Konsep, Sikap Peduli Lingkungan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui efektivitas penerapan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap pemahaman konsep dan (2) mengetahui efektivitas penerapan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap sikap peduli lingkungan. Desain penelitian menggunakan one-shot case study. Populasi peneitian adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja dan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B yang berjumlah 32 siswa yang diperoleh dari teknik sampling sederhana. Data dari pemahaman konsep adalah dengan metode tes dan sikap peduli lingkungan adalah dengan metode kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif dan statistik One Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan sains teknologi masyarakat (STM) efektif untuk pemahaman konsep dan (2) penerapan sains tekknologi masyarakat (STM) efektif untuk sikap peduli lingkungan.

References

Abbas, Nurhayati. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Portofolio di SMPN 10 Kota Gorontalo. Journal Pendidikan dan Pembelajaran 16(2): 125- 130.

Budiarti, Yudha. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Clis Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Di Gugus III Kecamatan Busungbiu. Artikel (Tidak Diterbitkan). Singaraja :Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi, N. R. 2011. Penerapan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar IPA Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas VIIB SMP N 2 Pakis Aji Jepara Tahun Pembelajaran 2010/2011. Laporan Penelitian. UNY.

Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Kresnawati, N. 2013. Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora 1(3): 298-303.

Narwanti, S. 2011. Pendidikan karakter. Yogyakarta : Familia.

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta : Yogyakarta.

Riastuti, R. D. 2015. Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Lingkungan Masyarakat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi di SMAN 1 Kota Padang. Journal Bioedukatika 3(2): 30-38.

Rusmansyah dan Isaryuana, Y. 2003. Prospek Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Pembelajaran Kimia di Kalimantan Selatan. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Sari, I. P. T. P. 2013. Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 9, Nomor 2, November 2013. Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayogo, I. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter, Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Widyatiningtyas, R. 2009. Pembentukan Pengetahuan Sains Teknologi dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan IPA. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles