EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEKATRIKAPA TERINTEGRASI PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SMP

Authors

  • I Made Adi Santika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Budi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pasek Anton Santiasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v5i2.21960

Keywords:

Model Konvensional, Model Pekatrikapa, Nilai Karakter Tri Kaya Parisudha, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Pekatrikapa (pendidikan karakter Tri Kaya Parisudha) terintegrasi pembelajaran IPA untuk penanaman karakter siswa di SMP Laboratorium Undiksha. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Laboratorium Undiksha pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 103 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 yang berjumlah berjumlah 25 orang sebagai kelompok ekperimen dan kelas VII4 yang berjumlah 26 siswa yang terpilih sebagai kelompok kontrol. Data profil nilai karakter Tri Kaya Parisudha dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Data respon siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner. Profil nilai karakter Tri Kaya Parisdha dan respon siswa di analisis secara deskriptif. Efektivitas penerapan model Pekatrikapa di analisis secara statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukan profil nilai rata-rata karakter Tri Kaya Parisudha yang berkatagori baik dan sangat baik adalah 88,89 % pada kelas yang dibelajarkan model Pekatrikapa, 44,43% pada kelas yang dibelajarkan model konvensional. Rata-rata persentase respon siswa yang dibelajarkan dengan model Pekatrikapa memiliki kategori  sangat baik yaitu 91% siswa menyatakan pembelajaran menarik, menyenangkan, memdahkan belajar, dan mendorong belajar. Di samping itu rata-rata persentase hasil penilaian diri (self assessment) menunjukan 84% menyatakan setelah mengikuti pembelajaran dengan model Pekatrikapa terjadi perubahan karakter ke arah yang lebih baik. Hasil uji-t menunjukan bahwa penerapan model Pekatrikapa efektif untuk menanamkan karakter siswa di SMP Laboratorium Undiksha.

References

Adnyana, P.B dan Citrawathi, D.M. 2017. Model Pendidikan Karakter Berbasis Tri Kaya Parisudha Terintegrasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif 2017. Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Ganesha.

Ahmad. D. 2014. Jenis-Jenis Statistik Penelitian. Tersedia pada http://www.eurekapendidikan.com/2014/10/statistik-penelitian-dan-jenis-jenis.html. Diakses Tanggal 29 Desember 2017.

Nasir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sudharta, T.R. dan Atmaja, I.B. 2001. Upadesa tentang Ajaran-Ajaran Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Suja, I W. 2007. Implementasi Tri Kaya Parisudha di Lingkungan Kampus. Makalah, disampaikan dalam Lokakarya Penyusunan Buku Panduan Pengembangan Softskill Mahasiswa Berlandaskan Tri Kaya Parisudha di Undiksha.

Wahono, AB. dan Widyanta. 2005. Pangan, Kearifan Lokal dan Keanekaragaman Hayati. Yogyakarta: Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

Zuchdi, D. dan Masruri, M.S. 2010. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogjakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles