PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN MIND MAPPING UNTUK MENILAI PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI

Authors

  • Kadek Niva Sucahyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.P. Budi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pasek Anton Santiasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v5i2.21963

Keywords:

penilaian, mind mapping, pemahaman konsep biologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen mind mapping yang valid, praktis, dan reliabel untuk menilai pemahaman konsep biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang dirancang dengan model pengembangan asesmen. Dalam tahap pengembangannya dilakukan melalui tiga uji yaitu uji validasi yang dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh dua dosen ahli dan dianalisis rata-rata hasil kedua dosen ahli, uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa dengan mengisi angket respon, uji reliabilitas dilakukan dengan analisis inter-rater agreement. Hasil rata-rata uji validasi instrument sebesar 3,7 dan dapat predikat sangat valid. Hasil uji kepraktisan instrument sebesar 3,6 dan dapat predikat sangat praktis. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrument reliabel dengan  koefisien reliabilitas 0,805. Berdasarkan temuan tersebut dapat disiumpulkan bahwa instrument asesmen mind mapping yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai pemahaman konsep biologi siswa.

References

Azwar. Saifuddin. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dodge, Bernie & Nancy Pickett. Rubrik. Tersedia pada http://en.wikipedia.org/wiki/Rubrik_(academic). Diakses pada tanggal 25 Mei 2018.

Buzan, T. 2008. Buku Pintar Min Map untuk Anak. Jakarta: Gramedia.

Hamalik, Oemra. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. bumi Aksara.

Ibnu, S., Mukhadis, H. A., & Dasna, I. W. 2003. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Retnawati, H. 2016. Analisis Kuantitatif Instrument Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles