ALUNAN MUSIK KLASIK MENURUNKAN STRES DAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA JARA MARA PATI BULELENG BALI

Authors

  • M. D. L. Larasati Universitas Pendidikan Ganesha
  • IM Sutajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • NP Sri Ratna Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v6i3.21983

Keywords:

alunan musik klasik, stres, tekanan darah, dan hipertensi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alunan musik klasik dapat menurunkan stres dan tekanan darah sistolik pada lansia yang menderita hipertensi. Jenis penelitian eksperimental semu (quasi experimental) ini menggunakan rancangan randomized pre and post test group design (treatment by subject design). Populasi pada penelitian ini ada dua, yaitu populasi target adalah semua lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Jara Mara Pati dan populasi terjangkau adalah lansia yang memenuhi kriteria inklusi dan kriteria eksklusi sebanyak 38 orang. Penelitian ini menggunakan 24 sampel lansia penderita hipertensi. Variabel terikat yang diteliti adalah stres pada lansia penderita hipertensi yang didata menggunakan kuesioner 29 item stress of rating scale dan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi yang diukur menggunakan sphygmomanometer (tensimeter digital). Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah beraktivitas terhadap 24 sampel selama 6 (enam) hari pada Periode I dan Periode II. Pada Periode I tidak diberikan alunan musik klasik dan pada Periode II diberikan alunan musik klasik. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-paired pada taraf signifikansi 5% dengan membandingkan rerata stres dan tekanan darah sistolik antara Periode I dan Periode II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan stres sebesar 45,58% dan tekanan darah sistolik sebesar 46,74% (p<0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alunan musik klasik dapat menurunkan stres dan tekanan darah sistolik pada lansia penderita hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha Jara Mara Pati.

References

Asmaravan, B. A. 2018. Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Dusun 4 Desa Demangan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Aini, N., Tanto, H., dan Vita, M. A. 2017. Perbedaan Tekanan Darah Sebelum dan Sesudah Dilakukan Terapi Musik Klasik (Mozart) pada Lansia Hipertensi Stadium 1 di Desa Donowarih Karangploso Malang. Jurnal Nursing News, Vol. 2, No. 3, Hlm. 44-57.

Adnyana, IW. B. 2013. Aplikasi Synergy Ergo-Mechanical System Meningkatkan Kapasitas Kerja pada Pekerja Wanita dan Efisiensi Energi Bahan Bakar Alat Pengering pada Industri Sarana Banten di Blahbatuh Gianyar Bali. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Udayana Bali.

Alit, N. K., Erna, D. W., dan Praba, D. R. 2008. Musik Klasik Menurunkan Tingkat Stres dan Tekanan Darah Ibu Primigravida Trimester Ketiga. Jurnal Ners, Vol. 3, No. 1, Hlm. 72-76.

Campbell, D. 2002. Efek Mozart Memanfaatkan Kekuatan Musik untuk Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kreatifitas, dan Menyehatkan Tubuh. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djohan. 2006. Terapi Musik, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Galang Press.

Djohan. 2010. Respons Emosi Musikal. Bandung: Lubuk Agung.

Gunawan, dan Faisal, A. 2017. Aspek Kenyamanan Termal Ruang Belajar Gedung Sekolah Menengah Umum di Wilayah Kecamatan Mandau. Jurnal INOVTEK POLBENG, Vol. 7, No. 2, Hlm. 98-103.

Himatyari, M. I., Nurfitri B., Kristina S. 2018. Pengaruh Musik Instrumental Tempo Lambat yang Disukai dan Tidak Disukai terhadap Tekanan Darah Pasien Hipertensi. Jurnal Kedokteran Unila, Vol. 2, No. 2, Hlm. 77-83.

Ismarina, D., Herliawati., dan Putri, W. M. 2015. Perbandingan Perubahan Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Setelah Dilakukan Terapi Musik Klasik dan Relaksasi Autogenik di Wilayah Kerja Puskesmas Pembina Palembang. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, Vol. 2, No. 2, Hlm. 124-129.

Jain, R. 2011. Pengobatan Alternatif untuk Mengatasi Tekanan Darah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kustap, M. 2008. Seni Musik Klasik Jilid I. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Kurnianingsih, D., Jebul, S., dan Ahmad, M. 2013. Efektivitas Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Stres Kerja Perawat IGD di RSUD DR. R. Goetheng Taroenadibrata Purbalingga. Prosiding Konfrensi Nasional PPNI Jawa Tengah. Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Khomsan, A. 2003. Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kowalski, E. R. 2010. Terapi Hipertensi: Program 8 Minggu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Stroke Secara Alami. Bandung: Qanita.

Lidyansyah, I. P. D. 2014. Menurunkan Tingkat Stres Kerja pada Karyawan Melalui Musik. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 2, No. 1, Hlm. 62-74.

Manuaba, A. 2008. Membangun Bali atau Membangun di Bali. Denpasar: Bali-HESG.

Nurrahmani, U. 2012. Stop! Hipertensi. Jakarta: Familia.

Nurmalina, R., dan Velley, B. 2011. Pencegahan dan Manajemen Obesitas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Paruntu, O. L., Fred, A. R., dan Griche, S. K. 2015. Hubungan Aktivitas Fisik, Status Gizi, dan Hipertensi pada Pegawai di Wilayah Kecamatan Tomohon Utara. Jurnal GIZIDO, Vol. 7, No. 1, Hlm. 41-46.

Prawitasari, J. K. 2012. Psikologi Terapan, Melintas Batas Displin Ilmu: Musik dalam Psikologi Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Prawesti, D., dan Erwin, N. 2015. Potensi Terapi Musik Klasik Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Jurnal STIKES RS BAPTIS KEDIRI, Vol. 8, No. 1, Hlm. 76-85.

Putra, R. N. Y., Ermawati., dan Arni, A. 2016. Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan Usia Menarche pada Siswi SMP Negeri 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, Vol. 5, No. 3, Hlm. 551-557.

Suryana, D. 2012. Terapi Musik. Available from http://books.google.co.id/books? Diunduh tanggal 22 Mei 2019.

Sari dan Adilatri. 2012. Perbedaan Terapi Musik Klasik Mozart Terapi Musik Kesukaan Terhadap Intensitas Nyeri Haid Pada Remaja Putri. Denpasar: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Setyaningsih, D., dan Muis, T. 2002. Pengaruh Penerapan Kombinasi Musik Klasik dan Latihan Relaksasi untuk Menurunkan Stres pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Intensif Taruna Pembangunan Surabaya. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Surabaya.

Sukendro. 2008. Musik dan Dampaknya Bagi Kehidupan. Available from http://www.inchrist.net/artikel/ywav/musik_dan_dampaknya_bagi_kehidupn. Diunduh tanggal 9 April 2019.

Saing, S. K. 2007. Pengaruh Musik Klasik terhadap Penurunan Tekanan Darah. Tesis (dipublikasikan). Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.

Setiawan, A., dan Tri, S. 2015. Musik Klasik Lebih Efektif dibandingkan Relaksasi Napas Dalam terhadap Penurunan Tekanan Darah. Jurnal Penelitian Keperawatan, Vol. 1, No. 1, Hlm. 21-33.

Sutajaya, IM. 2018. Ergonomi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sutajaya, IM. 2016. Pelatihan Ergo-Entrepreneurship untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kewirausahaan Pedagang Kuliner di Peliatan Ubud Gianyar Bali. Prosiding Seminar Nasional. Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan, FMIPA, UNDIKSHA.

Soegijono. 1999. Bangunan di Indonesia dengan Iklim Tropis Lembab Ditinjau dari Aspek Fisika Bangunan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Selo, J., Erlisa, C., dan Ronasari, M. P. 2017. Perbedaan Tingkat Stres pada Lansia di Dalam dan di Luar Panti Werdha Pangesti Lawang. Nursing News, Vol. 2, No. 3, Hlm. 522-533.

Vitahealth. 2006. Hipertensi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

WHO. 2001. Pengendalian Hipertensi. Bandung: ITB

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles