MEDIA TIGA DIMENSI MODEL KAYU PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII

Authors

  • Nopi Pahlelawati Pendidikan Biologi FKIP UMRAH
  • Azza Nuzullah Putri Pendidikan Biologi, FKIP, UMRAH
  • Nur Eka Kusuma Hindrasti Pendidikan Biologi, FKIP, UMRAH

Keywords:

Tiga Dimensi, Model Kayu, Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tiga dimensi model kayu penampang jaringan tumbuhan pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development) dengan mengadaptasi model penelitian ADDIE yang melalui beberapa tahap yaitu : analysis (analisis kondisi peserta didik, analisis kurikulum, analisis, media, analisis materi), desain (menentukan konsep yang akan dibuat media, mencari literatur tentang media tiga dimensi, merancang bentuk media yang akan dibuat, mencari bahan, mulai membuat produk), development (penyusunan instrumen dan validasi aspek media dan materi), implementation (uji praktikalitas dan efektivitas), dan evaluation (penilaian dan revisi akhir). Berdasarkan hasil penelitian pengembangan diketahui bahwa validitas pada aspek media dan materi dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis. Hasil uji efektivitas ranah kognitif media adalah efektif dengan kategori peningkatan “tinggi” sedangkan efektivitas motivasi belajar siswa adalah efektif dengan kategori peningkatan sedang. Dengan hasil tersebut maka media tiga dimensi model kayu penampang jaringan tumbuhan pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII SMP valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran biologi.

 

Kata-kata kunci : Tiga Dimensi; Model Kayu; Struktur dan Fungsi Tumbuhan

 

Abstract

 

This research focused to develop a three dimensional media model of wood cross section of plant tissue on the material structure and function of plants to first grade of junior high school that is valid, practical and effective for uses in students’ learning activities. This research carried out development by adapting the ADDIEs’ research model through several stage, that is: analysis (analysis of students’ condition, analysis of curriculum, analysis of media and analysis of material), design (determine the concept that was created by the media, find the literature of three dimensional media, designing the shape of the media was created, looking for languages and start making shapes), development (preparation of instruments and validation of media and material aspects), and evaluation (final assessment & revision). Result indicated that the development of a three dimensional media and material is known that the assessment of the validity categorized was very vali. The result of practicality test categorized was very practical. For the result of the effectiveness test on cognitive was efective with the improvement category was high while the effectiveness of students’ learning motivation is effective with the improvement category was “moderate”. This indicates that there are three dimension media model of wood cross section of plant tissue on the material structure and function of plants to first grade of junior high school was valid, practical and effective for uses in students’ learning activities biology.

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Garfindo Persada.

Asikin, Nurul., dan Daningsi, Entin. 2018. Development Audio-Visual Learning Media Of Hydroponic System on Biotechnology Topic For Senior High Schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Atlantis Press. (174), 197-201.

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Darmawan, Deni. 2014. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah & Zain. 2014. Strategi BelajarMengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Joseph, P., & Tretsiakova-McNally, S. (2010). Sustainable non-metallic building materials. Sustainability, 2(2), 400–427.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Sadiman, Rahardjo, Hariyono & Rahardjito. 2012. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali press

Sadina, Aan Linda. 2018. Pengembangan Media SAD 3D (Struktur Anatomi Daun Tiga Dimensi) pada Materi Hubungan Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Sakti, Yunita Tritika. 2017. Pengembanga Media Tiga Dimensi Anatomi Tumbuhan Materi Struktur dan Fungsi Jarimgan Tumbuhan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 2009. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.

Wijayah, E. Y. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntunan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Universitas Negeri Malang. Vol 1: 26-278

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles