VARIASI KEBERANGKATAN KE SEKOLAH MENGAKIBATKAN PERBEDAAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL DAN KELELAHAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • Kd Dwi Indira Suryanada Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

variasi keberangkatan, transportasi, keluhan muskuloskeletal, kelelahan, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi keberangkatan ke sekolah (1) jalan kaki (2) antar jemput dan (3) mengendarai sepeda motor memiliki perbedaan keluhan muskuloskeletal dan kelelahan serta kontribusinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field experimental) dengan rancagan randomized pre and posttest control group design. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Sukasada yang berada di Kabupaten Buleleng, Bali. Pengambilan sampel dilakukan secara random sebanyak 60 orang peserta didik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Anova One-Way dengan taraf signifikansi 5%, karena terdapat data yang menunjukkan tidak berbeda bermakna sehingga dilakukan uji lanjut LSD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada keluhan muskuloskeletal paling ringan adalah keberangkatan dengan antar jemputĀ  sebesar 65,08% (p < 0,05) dan kelelahan paling ringan adalah keberangkatan dengan jalan kaki sebesar 53,46% (p < 0,05). Untuk mengetahui kontribusinya terhadap prestasi belajar dilakukan uji regresi. Hasil uji regresi menunjukan bahwa kontribusi keluhan muskuloskeletal dan kelelahan terhadap prestasi belajar sebesar 0,01%. Disimpulkan bahwa variasi mekanisme keberangkatan ke sekolah memiliki perbedaan keluhan muskuloskeletal dan kelelahan akan tetapi tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik. Disarankan agar peserta didik tetap memperhatikan pemilihan transportasi ke sekolah untuk kesehatan dan keselamatan dengan acuan ergonomi selama proses keberangkatan.

References

Abu, Z. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Upper Limb Extremities Mahasiswa Ketika Proses Belajar Mengajar Kelas. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan.

Aienna. Sidharta, A., dan Deasy, A. 2016. Kenyamanan Termal Ruang Kelas di Sekolah Tingkat SMA Banjarmasin Timur. Jurnal Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat

Akbar, F. 2008. Pengaruh Jarak Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas 9D SMPN 2 Mojokerto. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Islam Negeri (Uin) Raden Intan.

Anwar, M. 2013. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ardiono. F., dan Yuantari, M. C. 2014. Keluhan Muskuloskeletal Pada Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal. Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro.

Arifin, M. Z. 2016. Pengaruh Perbedaan Penggunaan Lajur Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Slamet Riyadi Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Depnakertrans. 2004. Penanggulangan Pengangguran di Indonesia, Majalah Nakertrans Edisi-03.

Depkes RI. 2011. Data Penduduk Sasaran Program Pembangunan Kesehatan 2011-2014. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan.

Dirgayudha, D. 2014. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kelelahan Kerja pada Pembuat Tahu di Wilayah Kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Djamarah, S. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatmawati. 2016. Hubungan Antara Jarak Sekolah Dengan Prestasi Belajar Peserta didik Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Sindue, Di Desa Sumari Kec. Sindue Kab. Donggala. Jurnal Tadulako.

Fathurrohman, M. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Grandjean, E. 2007. Fitting the Task to the Man. London; Taylor and Francis

Jannah, N. 2012. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Kehamilan. Yogyakarta: C.V Andi Offest.

Justian, A. 2015. Analisis Pengaruh Kebisingan Terhadap Performa Siswa Sekolah Dasar Di Ruang Kelas. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Kholifah, S. I. T. I. 2017. Hubungan Jarak Tempat Tinggal dan Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kunjungan Masyarakat ke Puskesmas Gadingrejo. Skripsi. Universitas Bandar Lampung.

Klarasati, A. 2016. Pengaruh Jarak Tempuh Dan Genderterhadap Prestasi Belajar Peserta didik SMK. Doctoral Dissertation. Universitas Kristen Satya Wacana.

Kumairoh, S., dan Syauqy, A. 2014. Pengaruh Pemberian Pisang (Musa Paradisiaca) Terhadap Kelelahan Otot Anaerob Pada Atlet Sepak Takraw. Doctoral dissertation. Universitas Diponegoro.

Lestari, S. A., & Hendro. K. E. P. M. 2015. Perbandingan Variasi Jarak Tempuh ke Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPA Peserta didik Kelas XI SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang. Jurnal Bioedukatika, 3(1). Universitas Muhamamadiyah.

Manuaba, A. 2008. Hubungan Beban Kerja dan Kapasitas Kerja. Jakarta: Rinek Cipta

Muhibbin, S. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muiz, A. 2010. Hubungan Antara Pengelolaan Kelas Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar Depok. Skripsi. Jakarata: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.

Padilla, N. 2017. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Tengah Sengingi. Skrpsi. Universitas Islam Negeri Suska.

Poerwanto, N. 2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Pratama, E. D., Mustiningsih dan Bafadal, H. I. 2017. Analisis Kebutuhan Alat Transportasi Sekolah Bagi Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) se-Kecamatan Kedung kandang Kota Malang. Jurnal. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Prawira, M.A., Yanti, N.P.N., Kurniawan, E., dan Artha, L.P.W. 2017. Faktor yang Berhubunga terhadap Keluhan Muskuloskeletal pada Mahasiswa Universitas Udayana Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, Vol 1, No 2 p: 101-118.

Purnima, D. S. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Backpack Safety Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Pada Siswa Kelas 5 Di Kelurahan Tegalpanjang Garut. Skripsi. Universitas Indonesia

Ramadona, E. T. 2018. Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Tingkat Aktivitas Fisik pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V di SD Negeri Samirono Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Robiah, A. A. N. 2016. Hubungan antara Status Gizi dengan Tingkat Aktivitas Jasmani Siswa Kelas V Mi Darul Hikmah. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rozana, F., dan Adiatmika I.P.G. 2014. Tingkat Kelelahan dan Keluhan Muskuloskeletal pada Penjahit di Kota Denpasar Bali. Jurnal. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Safarah, A. A dan Wibowo, U. B. 2019. Program zonasi di sekolah dasar sebagai upaya pemerataan kualitas pendidikan di indonesia. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 21(2), 206-213.

Santoso, A. 2010. Pemilihan Moda Transportasi Pelajar Sekolah Di Kawasan K.H. Ahmad Dahlan Samarinda. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.

Sarifin, G. 2010. Kontraksi Otot dan Kelelahan. Jurnal Ilara Vol 1, No 2, p: 58-60. Universitas Negeri Makassar.

Sarinda, A. 2017. Analisis Perubahan Suhu Ruangan Terhadap Kenyamanan Termal di Gedung 3 Fkip Universitas Jember. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Sholihin, M. 2013. Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Berdasarkan Pola Transportasi Ke Sekolah Yang Berbeda (studi pada kelas VIII Smp Negeri 3 Sampang). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Vol 1, No 2.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharyono, M. A,. 2013. Pengantar Filsafat Geografi. Jakarta: Ombak.

Sulistyowati, R.2010. Hubungan Antara Rumah Tangga Sehat Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita di Kabupaten Trenggalek. Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Susihono, W. Prastyo. 2012. Perbaikan Postur Kerja Untuk Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal dengan Pendekatan Metode OWAS (Studi Kasus di UD. Rizki Ragil Jaya Kota Cilegon). Journal of Occupational Safety and Health.Vol. 10, No 1, p: 76-80.

Sutajaya, I. M., dan Ristiati, N. P. 2014. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Dan Implementasi Ergonomi Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Pematung di Desa Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali. Proceeding SENARI, ISSN: 2339-1553, Vol. 2, p: 954-962. Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha.

Sutajaya, I.M. 2018. Ergonomi. Depok: Rajawali Pres.

Sutajaya, I.M. 2019. Ergonomo Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Tirtonegoro, S. 2010. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Wijana, N., Nala, I.G.N., Tirtayasa, I.K., dan Sutajaya, I.M. 2009. Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Ergonomi Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal, Kebosanan dan Kelelahan serta Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Indonesian Journal of Biomedical Sciences.

Wulandari, R. 2013. Perbedaan Tingkat Nyeri Punggung Bawah pada Pekerja Pembuat Teralis Sebelum dan Sesudah Pemberian Edukasi Peregangan di Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol 2, No 1, 2013.

Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. Gramedia

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles