PENERAPAN E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X

Authors

  • Devy Dyah Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Budi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Pasek Anton Santiasa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

E-Modul interaktif, motivasi belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-modul terhadap (1) motivasi dan hasil belajar secara simultan, (2) motivasi belajarnya, dan (3) hasil belajar siswa, yang dibelajarkan dengan menerapkan e-modul interaktif dan e-modul konvensional (sebagai kelompok kontrolnya). Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dan didesain dengan rancangan non equivalent pre and post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri Bali Mandara. Sampel dipilih dengan teknik sampling acak sederhana dan terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang mencakup 20 siswa, dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang mencakup 22 siswa. Data motivasi belajar diperoleh melalui pengisian kuisioner motivasi belajar berskala likert dan data hasil belajar diperoleh melalui tes evaluasi hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar secara simultan (p< 0,05), (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa, jenis modul hanya memengaruhi sebesar 2,90% terhadap motivasi belajar siswa (p> 0,05) dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan e-modul interaktif dan e-modul konvensional, jenis modul memengaruhi sebesar 30,80% terhadap hasil belajar siswa (p< 0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan e-modul interaktif memengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa secara simultan serta hasil belajar siswa, namun tidak memengaruhi motivasi belajar siswa.

References

Adnyana, P. B. 2017. Pengantar Statistika Analisis Data Tugas Otentik Dengan SPSS. Diktat. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Aji, D. B. dan Rusiyanto. 2018. Penerapan Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Merapkan dan Menggunakan Pemrograman Mesin Bubut CNC Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. 10(1): 14-18.

Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 10: 11-21.

Chauhan, S. 2011. Slow Learners: Their Psychology and educational Programmes. International Journal of Multidisciplinary Research. 1(8): 279-289.

Darma, R. S., Setyadi, A., Wilujeng, I., Jumadi, Kuswanto, H. 2019. Multimedia Learning Module Development based on Sigil Software in Physics Learning. Journal of Physics: Conf. Series1233. 1-7.

Daryanto. 2013. Menyuusn Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati & Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2): 172-182

Gall, M. D., Gall, J. P., dan Borg, W. R. 2003. Educational Research An Introduction Seventh Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Guilford, J. P. 1956. Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc Graw-Hill Book Co. Inc.

Hidayat, R., Erwadi, Sari, V. R., Ade, V. R. P. 2017. Pemanfaatan Sigil untuk Pembuatan E-Book (Elektronik Book) dengan Format EPub. Jurnal TEKNOSI. 3(1): 1-8.

Hasbiyati, H. & Khusnah, L. 2017. Penerapan Media E-Book Berekstensi EPub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains. 4(1):16-21.

Krathwohl, D. R. 2002. A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overview. Journal Theory Into Practice. 41(4): 212-218.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Petunjuk Teknis Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 pada Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Rosda Karya.

Prawira, P. A. 2013. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Purwanto, Rahadi, A dan Lasmono, S. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) Depdiknas.

Rusnawati, M. D., Sindu, I. G. P. & Sugihartini, N. 2017. Penerapan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). 6(3): 356-365.

Sanjaya, W. 2010. Kurikuulm dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Setiarini, K. M., Agustini, K., dan Sunarya, I. M. G. 2016. Pengaruh E-Modul Berbasis Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi Kasus: Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). 5(2).

Simamora, F. G., Ertikanto, C., Wahyudi, I. 2017. Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis LCdS terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal FKIP Universitas Lampung.

Tiwan, M. T. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Mata Komputer Pemrograman Melalui Pemanfaatan Recording Macro. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 21(1): 90-96.

Wijayanti, M. 2018. Pengembangan E-Book IPA Fisika Berbasis Program Sigil Peserta Didik SMPN 23 Simbang Kabupaten Maros. Prosiding. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Winarsih, V. 2009. Psikologi Pendidikan. Medan: Lantansa Pers.

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles