Pemberian Aromaterapi Lavender Berpengaruh terhadap Tingkat Stres dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Marcel Adiwibawa
  • Desak Made Citrawathi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Sri Ratna Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Aromaterapi Lavender, Stres Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan tingkat stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian eksperimental semu (quasi experimental) ini menggunakan rancangan nonequivalent randomized pre and post test kontrol group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari dua, yaitu populasi target adalah seluruh peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020 dan populasi terjangkau adalah peserta didik kelas XI MIPA, dengan sampel penelitian yang berada pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen yang telah memenuhi kriteria inklusi,eksklusi dan drop out dengan jumlah sebanyak 60 orang. Variabel terikat yang diteliti pada penelitian ini adalah tingkat stres belajar dan motivasi belajar pada peserta didik yang didata dengan menggunakan Kuesioner stres belajar dengan skala likert yang sudah valid dan reliabel, diambil dari penelitian (Dwipayana, 2018) dan Kuesioner motivasi belajar dengan skala likert yang sudah valid dan reliabel, diambil dari penelitian (Mahayana, 2016). Pendataan dilakukan sebelum dan sudah perlakuan selama 3 (tiga) kali pengulangan pada kelompok kontrol dan eksperimen. Pada kelompok kontrol tidak diberikan aromaterapi lavender dan pada kelompok kontrol diberikan aromaterapi lavender yang diberikan pada jam ke-7 pembelajaran (12.00 WITA) hingga akhir jam ke-8 pembelajaran (13.30 WITA). Data yang diperoleh dianalis dengan uji t-group (independent sample t-test) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat stres belajar sebesar 18,54% dan peningkatan motivasi belajar sebesar 6,73% (p < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian aromaterapi lavender dapat menurunkan stres belajar dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Singaraja.

Author Biographies

Desak Made Citrawathi, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan

Ni Putu Sri Ratna Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan

References

Adiputra, S. & Mujiyati. 2017. Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis, Konselor. 6 (4): 150-157

Andria, A. 2014. Aroma Terapi: Cara Sehat dengan Wewangian Alami. Jakarta: Penerba Swadaya.

Barseli, M. & Ifdil, I. 2018. Konsep Stres Akademik Siswa, Jurnal Konseling dan Pendidikan. 5 (3): 143-148

Chamine, I. & Oken, B.S. 2016. Aroma Effect on Physiologic and Cognitive Function Following Acute Stress: A Mechanism Investigation, The Journal of Alternative and Complementary Medicine. 22 (9): 713-721

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Filiptsova, O.V. Gazzavi-Rogozina, L.V. Timoshyna. I.A. Naboka, O.I. Dyomina, A.V. & Ockhur. 2018. The Effect of the Essential Oils of Lavender and Rosemary on the Human Short-Term Memory, Alexandria Journal of Medicine. 54 (1): 41-44

Goel, N. Kim, H. & Lao, R.P. 2005. An Olfactory Stimulus Modifies Night Time Sleep in Young Men and Women, Chronobiology International. 22 (5): 889-904

Hamdu, G. & Agustina, L. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1): 81-86

Huang, S.H. Fang, L. & Fang, S.H. 2014. The Effectiveness of Aromatherapy with Lavender Essential Oil in Relieving Post Arthroscopy Pain, Journal of Medical Research. 2014 (2014): 1-9

Laura, D.D. Misrawati. & Woferst, R. 2015. Efektifitas Aromaterapi Lavender terhadap Kualitas Tidur Ibu Postpartum, Jurnal Online Mahasiswa. 2 (2): 1024-1031

Manuaba, A. 2008. Membangun Bali atau Membangun di Bali. Makalah. Bali-HESG. Denpasar.

Mulya, H.A. & Indrawati, E.S. 2016. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang, Jurnal Empati. 5 (2): 296-302

Oon, A.N.L. 2007. Teaching children handling study stress. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Purwanti, M. Putri, E.A. Ilmiawan, M.I. Wilson. & Rozalina. 2017. Hubungan Tingkat Stres dengan Indeks Masa Tubuh Mahasiswa PSPD FK UNTAN, Jurnal Vokasi Kesehatan. 3 (2): 47-56

Sakamoto, R. Minoura, K. Usui, A. Ishizuka, Y. & Kanba, S. 2005. Effectiveness of Aroma on Work Efficiency: Lavender Aroma during Recesses Prevents Deterioration of Work Performance, Chemical Senses. 30 (8): 683-691

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, D. & Leonard, D. 2018. Pengaruh Aroma Terapi Lavender terhadap Kualitas Tidur Lansia di Wisma Cinta Kasih, Jurnal Endurance. 3 (1): 121-130

Sayorwan, W. Siripornpanich, V. Piriyapunyaporn, T. Hongratanaworakit, T. Kochabhakdi, N. & Ruangrungsi, N. 2012. The Effects of Lavender Oil Inhalation on Emotional States, Autonomic Nervous System, and Brain Electrical Activity, Journal of The Medical Association of Thailand. 95 (4): 598-606

Schunk, D.H. & Pintrich, P.R. 2012. Motivation in Education (Theory, Research, and Application). New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Seol, G.H. Lee, Y.H. Kang, P. You, J.H. Park, M. & Min, S.S. 2013. Randomized Controlled Trial for Salvia sclarea or Lavandula angustifolia: Differential Effects on Blood Pressure in Female Patients with Urinary Incontinence Undergoing Urodynamic Examination, Journal of Alternative and Complementary Medicine. 19 (7): 64-70

Sutajaya, I M. 2016. Pelatihan Ergo-Entrepreneurship untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kewirausahaan Pedagang Kuliner di Peliatan Ubud Gianyar Bali. Prosiding Seminar Nasional. Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan, FMIPA, UNDIKSHA.

Toda, M. & Morimoto, K. 2008. Effect of Lavender Aroma on Salivary Endocrinological Stress Markers, Archives of Oral Biology. 53 (10): 964-968

Varney, E. & Buckle, J. 2013. Effect of Inhaled Essential Oils on Mental Exhaustion and Moderate Burnout: A Small Pilot Study, The Journal of Alternative and Complementary Medicine. 19 (1): 69-71

Wang, J. Korczykowski, M. Rao, H. Fan, Y. Pluta, J. Gur, R.C. McEwen, B.S. & Detre, J.A. 2007. Gender Difference in Neural Response to Psychological Stress, SCAN (Social Cognitive and Affective Neuroscience). 2 (3): 227-239

Wardana, M.P. & Dinata, I M.K. 2016. Tingkat Stres Siswa Menjelang Ujian Akhir Semester di SMAN 4 Denpasar, E-Jurnal Medika. 5 (9): 1-4

Winarto, B. & Pascalitan, H.P. 2018. Pengaruh Penerapan Paradigma I2M3 terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa, Jurnal Mitra Pendidikan. 2 (6): 584-591

Won, S.J. & Choi, Y.S. 2017. The Effect of Aromatherapy Upon Salivary Cortisol, Academic Stress, Academic Self-Efficacy and Suicidal Ideation in Middle School Student, Biomedical Research. 28 (16): 7005-7011

Yaumi, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat.

Yogasara, T. Daniel, S. Hanky, F. & Catharina. 2014. Pemgaruh Jenis Musik dan Aromaterapi terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa untuk Tiap Tipe Kepribadian. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Katolik Parahyangan.

Yoshiko, C. & Purwoko, Y. 2016. Pengaruh Aromaterapi Rosemary terhadap Atensi, Jurnal Kedokteran Diponegoro. 5 (4): 613-630

Downloads

Published

2020-11-30

Issue

Section

Articles