Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Menurunkan Keluhan Muskuloskeletal dan Kebosanan Peserta Didik di SMA
Keywords:
Jigsaw Cooperative Learning Model, Musculoskeletal Complaints, and Boredom.Abstract
The purpose of the study was to prove that the implementation of the Jigsaw cooperative learning model can reduce the musculoskeletal complaints and boredom of students. This study used a nonequivalent randomized pre and posttest control group design, which involved 33 students in the experimental class and 33 students in the control class. Data collection was done through the distribution of Nordic body map questionnaires to record musculoskeletal complaints, and boredom questionnaires to record boredom in the learning process. The data obtained were analyzed by independent sample t test, because the data were normally distributed at a significance level of 5%. The results showed that the implementation of the Jigsaw cooperative learning model significantly reduced musculoskeletal complaints by 46.71% and boredom by 26.76%, between the experimental class and the control class (p <0.05). It can be concluded that the implementation of the Jigsaw cooperative learning model reduces musculoskeletal complaints and boredom of studentsReferences
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Citrawati, D.M., Sutajaya, IM., dan Maharta, IK, 2001. Anatomi dan Fisiologi Manusia. Jakarta: Bhatara Niaga Media.
Dewi, K.L.P., Adiputra, N., Muliarta, I.M., Tirtayasa, K., Adiatmika, I.P.G., Adnyana, I.W.B. 2018. Pemberian Workplace Stretching Exercise dan Modifikasi Kondisi Kerja Dapat Menurunkan Keluhan Muskuloskeletal dan Kelelahan pada Pekerja Pembuat Dodol Tradisional Di Desa Tamblang – Kabupaten Buleleng. Jurnal Ergonomi Indonesia. 4(1), p11-17.
Ermawati, N. 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SD Negeri 01 Bedana Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Kependidikan Dasar. 1(2): p238-249
Fadliyani, Muhibbuddin, & Sarong, M.A. 2014. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Biotik. 2(1): p1-76
Grandjean, E. 2008. Fitting the Task to the man. London: Taylor & Francis
Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. 2015. Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 4(1); p53-57.
Hastuti, L.S. & Rina, K. 2017. Pengaruh Workplace Stretching Exercise terhadap Kebosanan Belajar dan Kelelahan Belajar Mahasiswa Poltekkes Surakarta. Jurnal Keterapian Fisik. 2(2): p75-125.
Haqqi, A. H., Sutajaya, I. M., Sri, L. M. I., Manuaba, I. B. A., Sutjana, D. P., & Swamardika, I. B. A. 2018. Pembelajaran Inovatif Tipe Jigsaw Berorientasi Ergonomi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Meningkatkan Luaran Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ma NW Gelondong. Jurnal Ergonomi Indonesia. 4(1): p37-46.
Hazami, E.W. 2010. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Muskuloskeletal Disorders (MSDs) pada Perawat di Unit ICU RSUP Fatmawati Jakarta Tahun 2010. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Hertiavi, M.A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6(2): p53-57.
Irwanti, N.K.D. 2010. Peregangan Otot di Ssela Pembelajaran Menurunkan Kebosanan, Kelelahan dan Keluhan Muskuloskeletal Peserta Didik Kelas X SMK Pariwisata Triatma Jaya Badung. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Udayana.
Jayanti, N.W.A. 2011. Implementasi Cara Angkat-Angkut yang Fisiologis dan Istirahat Pendek Mengurangi Beban Kerja Kelelahan dan Keluhan Muskuloskeletal Pengangkut Sampah di Kelurahan Banjar Tegal kabupaten Buleleng. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Manuaba, A. 2003 b. Total Ergonomic Approach to Enhance and Harmonize The Development of Agriculture, Tourism and Small Scale Industry, with Special Reference to Bali. Dalam: Purwanto, W., Sugema, L.l., dan Ushada, M. editors. Prosiding Seminar Nasional Ergonomi. Yogyakarta: Perhimpunan Ergonomi Indonesia dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada
Manuaba, A. 2008. Membangun Bali atau Membangun di Bali. Denpasar: Bali-HESG.
Murray, R.K., Granner, D.K., Mayes, P.A., & Rodwell, V.C. 1997. Biokimia Harper. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Nugroho, H. 2014. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Ergonomi Partisipatori (PEP) Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Kelelahan dan Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Bakti Saraswati. 3(2): p53-69.
Oktaviani, W.V., Saraswati, L.D., Rahfiludin, M.Z. 2012. Hubungan Kebiasaan Konsumsi Fast Food, Aktivitas Fisik, Pola Konsumsi, Karakteristik Remaja dan Orang Tua dengan Indexs Massa Tubuh (IMT). Jurnal Kesehatan Masyarakat. 1(2): p542-553.
Purnomo, M. 2011. Asam Laktat dan Aktivitas SOD Eritrosit pada Fase Pemulihan Setelah Latihan Submaksimal. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. 1(2): p156-170.
Suprapta, O.I.G.M. 2012. Pembelajaran Bioteknologi dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat Berbasis Ergonomi Meningkatkan Luaran Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Saraswati Tabanan. Disertasi, Universitas Udayana.
Sudjana, I.D.P., & Swamarsdika, I.B.A. 2015. Ujian OSCE Reguler Berorientasi Ergonomi Meningkatkan Kinerja Penguji di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram. Jurnal Ergonomi Indonesia. 1(2): p21-29.
Sutajaya, I.M. 2017. Sistem Gerak Manusia Edisi 2. Yogyakarta: Innosain.
Sutajaya, I.M. 2018. Ergonomi. Depok: Rajawali Pers.
Sutajaya, I.M. 2019. Ergonomi Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Swari, N.P.D. 2019. Stasiun Kerja yang Tidak Antropometris Meningkatkan Keluhan Muskuloskeletal dan Kelelahan pada Penenun di P.T.D.S Desa Gelgel Klungkung Bali. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.
Suma’mur, P.K. 2009. Hygiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Sagung Seto.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Werimon, S., Damopolii, I., & Nunaki, J.H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dipadu Media Pembelajaran Komik Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ekstra Pendidikan. 1(2): p33-40.
Widiantari. 2012. Model Pembelajaran Konvensional. Bandung: Pustaka Setia.
Wijana, N., Nala, I.G.N., Tirtayasa, I.K., & Sutajaya., I.M. 2009. Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Ergonomi Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal, Kebosanan dan Kelelahan serta Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD 1 Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.Indonesian Journal of Biomedical Sciences. 3(1): p1-7.
Wulandari, D. 2011. Pengaruh Perbaikan Kursi Kerja terhadap Keluhan Muskuloskeletal pada Pekerjaan Menjahit di Desa Sawahan Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Yuliyanto, W.T., Widijoto, H., Purnami, S. 2015. Pengembangan Aktivitas Stretching Pasif Secara Berpasangan Berbasis Media Audio Visual pada Kelas X. Jurnal Pendidikan Jasmani. 25(1), p76-86.
Zar, A. 2012. Faktor – faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Muskuloskeleral pada Upper Limb Extremities Mahasiswa Ketika Proses Belajar Mengajar di Kelas di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2012. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Zikri, M.R., Jati, D.R., & Kadarini, S.N. 2015. Analisis Dampak Kebisingan terhadap Komunikasi dan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah pada Jalan Padat Lalu Lintas. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah. 3(1): p1-10.