Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Konsentrasi dan Minat Belajar Biologi Siswa SMA

Authors

  • Luh Putu Marhaeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Budi Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Manik Widiyanti Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

penggunaan smartphone, konsentrasi belajar biologi, minat belajar biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) hubungan penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar biologi siswa SMA, (b) hubungan penggunaan smartphone dengan minat belajar biologi siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penggunaan smartphone untuk mengetahui durasi penggunaan smartphone dalam sehari. Kuesioner konsentrasi belajar biologi untuk mengetahui tingkat konsentrasi belajar biologi siswa. Kuesioner minat belajar biologi siswa untuk mengetahui minat belajar biologi siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Pearson (Product Moment) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kategori sedang antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi belajar biologi siswa dengan nilai r= -0,577 (p<0,05) dan antara penggunaan smartphone dengan minat belajar biologi juga terdapat hubungan yang signifikan kategori sedang dengan nilai r= -0,487 (p<0,05). Simpulannya adalah terdapat hubungan yang bermakna antara penggunaan smartphone dengan konsentrasi dan minat belajar biologi siswa SMA Negeri 4 Singaraja.

Author Biographies

Luh Putu Marhaeni, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Biologi

Putu Budi Adnyana, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Studi Pendidikan Biologi

Ni Luh Putu Manik Widiyanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Prigram Studi Pendidikan Biologi

References

AlBarashdi, H., Bouazza, A., Jabur, N., & Al-Zubaidi, A. 2016. Smartphone Addiction Reasons and Solutions from the Perspective of Sultan Qaboos University Undergraduates: A Qualitative Study. International Journal of Psychology and Behavior Analysis, 2(1).

Abrar, A. N. 2008. Kebijakan Komunikasi: Konsep, Hakekat dan Praktek. Yogyakarta: Gava Media.

Aritonang, K. T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7), 11-21.

Aulina, C. N. 2018. Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1-12.

Aviana, R., & Hidayah, F. F . 2015. Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 30-33.

Dinkes. 2017. Profil Provinsi Bali. Denpasar: Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Hurlock, E. B. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Irwanto. 2017. Penggunaan Smartphone dalam Pembelajaran Kimia SMA. Journal For Islamic Social Sciences, 2(1), 81-87.

Iswidharmanjaya, D. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gawai: Panduan Bagi Orang Tua agar Memahami Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kecanduan Gawai. Bogor: Bisakimia.

Juditha, C. 2011. Pengaruh Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 1(13), 1-23.

Kemenkes. 2006. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1429/MENKES/SK/XII/2006. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Manuaba. 2008. Membangun Bali atau Membangun di Bali. Makalah. Denpasar: Universitas Udayana.

Manumpil, B., Ismanto, Y. & Onibala, F. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. E-Journal Keperawatan, 3(2), 1-6.

Musariffah, A. 2018. Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(3), 133-137.

Nugrahanti, M. D. 2014. Pengaruh Suasana Kondusif dalam Pembelajaran terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di MTs Negeri Wonosegoro Tahun 2014. Skripsi. Salatiga: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

Rahmandani, F., Tinus, A. & Ibrahim,

M.A. 2018. Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian dan Karakter (Kekar) Peserta Didik di SMA Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18-44.

Riandani, R. 2016. Hubungan Durasi Bermain Gawai Terhadap Tingkat Kemampuan Kognitif Siswa Usia Preschool (4-5 Tahun) Di Tk The Naff School Kota Kediri. Tesis. Program Pascasarjana S2 Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya.

Resti. 2015. Penggunaan Smartphone Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 2(1), 1-15.

Rohmah, C. O. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Lingkungan Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, R & Wibhowo, C. 2011. Menyiasati Tren Digitalis pada Anak Menggunakan Teknologi Informatika. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, S. W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Banjarmasin: Rajawali Pers.

Savitri, E. P. 2019. Hubungan Penggunaan Gawai dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Semester II

Keperawatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Sharma, S., Singgih, P., Sharma, R. & Mahajan, A. 2012. Age Base User Interface in Mobile Operating System. International Journal of Computer Science, Engineering and Applications, 2(2), 177-184.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Afabeta.

Sundari, T. T. 2015. Effect of Mobile Phone Use on Academic Perfomance of College going Young Adult in India. International Journal of Applied Research, 1(9), 898-905.

Utami, A. N. & Kurniawati, F. 2019. Dampak Negatif Adiksi Penggunaan Smartphone terhadap Aspek-Aspek Akademik Personal Remaja. Persfektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 1-13.

Wibiasturi, I. 2015. Pengaruh Letak Geografis Sekolah terhadap Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 82-96.

Downloads

Published

2021-02-02

Issue

Section

Articles