Profil pengembangan critical thinking skills melalui pembelajaran scientific approach di provinsi Banten
Authors
Savira Damayanti
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Aditya Rahman
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Ika Rifqiawati
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Iing Dwi Lestari
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Usman Usman
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords:
Banten, Berpikir Kritis, Kurikulum 2013, Pendekatan saintifik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi melalui pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data berasal dari guru biologi dan siswa kelas XI pada 7 SMA Negeri di Provinsi Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, kuesioner, wawancara serta dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi proses pembelajaran biologi diperoleh nilai sebesar 80% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil kuesioner pengetahuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sebesar 75% yang termasuk kategori baik. Sehingga rata-rata nilai pengembangan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik di Banten diperoleh nilai sebesar 78% yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik dalam mengembangkan berpikir kritis pada 7 SMA Negeri di Provinsi Banten termasuk dalam kategori baik.