Profil pengembangan critical thinking skills melalui pembelajaran scientific approach di provinsi Banten

Authors

  • Savira Damayanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aditya Rahman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ika Rifqiawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iing Dwi Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Usman Usman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Banten, Berpikir Kritis, Kurikulum 2013, Pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran biologi melalui pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Sumber data berasal dari guru biologi dan siswa kelas XI pada 7 SMA Negeri di Provinsi Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, kuesioner, wawancara serta dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi proses pembelajaran biologi diperoleh nilai sebesar 80% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil kuesioner pengetahuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sebesar 75% yang termasuk kategori baik. Sehingga rata-rata nilai pengembangan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik di Banten diperoleh nilai sebesar 78% yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik dalam mengembangkan berpikir kritis pada 7 SMA Negeri di Provinsi Banten termasuk dalam kategori baik.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles