KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI IKIP PGRI PONTIANAK PADA PRAKTIKUM SISTEMATIKA AVERTEBRATA

Authors

  • Mustika Sari IKIP PGRI PONTIANAK

Keywords:

Keterampilan Proses Sains, Biologi, Avertebrata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui KPS mahasiswa calon guru biologi Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak pada praktikum Sistematika Avertebrata. Penelitian dilakukan dalam tiga kali kegiatan Praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, sedangkan sampel terdiri dari 66 orang mahasiswa semester III dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi untuk mengamati KPS dan tes untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil uji analisis menggunakan program SPSS 22 diketahui bahwa nilai sig. Kolmogorov Smirnov diperoleh 0,200* untuk Pre test dan 0,060 untuk Post test, dimana nilai sig. lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel berdistribusi normal. Sedangkan pada hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,00 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran praktikum sistematika avertebrata berbasis KPS tergolong baik dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Tahun Akademik 2018/2019.

Author Biography

Mustika Sari, IKIP PGRI PONTIANAK

Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak

References

Death, R. G., & Winterbourn, M. J. (1995). Diversity patterns in stream benthic Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi Fkip Ums Tahun Ajaran 2015/2016). In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 71-78).

Clara, A. Y., & Agustina, P. (2018). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Anatomi Hewan Tahun Akademik 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Dimyati, & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan proses sains (KPS) pada pelaksanaan praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 49-54.

Lusidawati, V., Fitria, Y., Miaz, Yalvema. 2020. Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: 4(1).

Lutphi, Arum, Susilo, Budhi Akbar. 2020. Analisis Keterampilan Proses Sains Calon Guru Biologi Terhadap Hots. Biodik: 6(1)

Nahdi, DS., Ansori, YZ., Khaerunisa. 2020. Efektivitas Model Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Elemtaria Edukasia. 3(1).

Nawawi, Sugiyarto, & Sutarno. 2013. Pembelajaran Biologi dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) Menggunakan Multimedia Flash dan VCD Ditinjau dari Kemampuan Verbal dan Kreativitas Peserta didik. Jurnal Inkuiri, 2(1): 25-32.

Putri, P. N., & Agustina, P. (2019). Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Praktikum Sistematika Invertebrata Tahun Akademik 2018/2019. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-4.

Taib, H., Haerullah, A., Roini, C. 2020. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. Edukasi. 18:(2).

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles