PENGARUH PENYIRAMAN AIR CUCIAN BERAS DAN PUPUK UREA DENGAN KONSENTRASI YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PACAR AIR (Impatiens balsamina L.)

Authors

  • Ni Wayan Yeti Ratnadi .
  • Drs.I Nengah Sumardika,M.Pd. .
  • Dr.I Gusti Agung Nyoman Setiawan,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v1i1.3276

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penyiraman air cucian beras dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman pacar air (Impatiens balsamina L), (2) pengaruh penyiraman pupuk urea dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman pacar air, dan (3) interaksi antara penyiraman air cucian beras dan pupuk urea dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman pacar air. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan desain penelitian faktorial 5 x 4 dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 20 perlakuan dan 3 kali ulangan. Populasi dari penelitian ini adalah tanaman pacar air sedangkan sampelnya adalah 60 tanaman pacar air yang diambil dengan menggunakan teknik random sederhana. Variabel bebas yaitu air cucian beras dengan konsentrasi 0%, 25%, 50%, 75%, 100%, dan pupuk urea dengan konsentrasi 0 ppm, 5 ppm, 10 ppm dan 15 ppm, sedangkan variabel terikatnya adalah pertumbuhan tanaman pacar air yang diukur dari berat kering tanaman. Analisis data terdiri dari uji normalitas (Kolmogorov Smirnov dan Shapiro wilk), uji homogenitas (Levene test), uji hipotesis menggunakan ANAVA dua arah, sedangkan uji lanjut dengan uji beda nyata jujur (BNJ) pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penyiraman air cucian beras dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman pacar air dan konsentrasi air cucian beras yang memberikan berat kering yang paling besar adalah konsentrasi 100%, (2) ada pengaruh penyiraman pupuk urea dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman pacar air dan konsentrasi pupuk urea yang memberikan berat kering yang paling besar adalah konsentrasi 5 ppm, dan (3) ada pengaruh interaksi antara penyiraman air cucian beras dan pupuk urea dengan konsentrasi yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman pacar air dan interaksi terbaik yaitu penyiraman air cucian beras dengan konsentrasi 100% dan pupuk urea dengan konsentrasi 5 ppm dengan rata-rata berat kering 1,7 gram.
Kata Kunci : Air cucian beras, Pupuk urea, Pertumbuhan, Tanaman pacar air (Impatiens balsamina L.)

The purpose of this research are (1) to determine the effect of rice water on the growth of Impatiens balsamina, (2) the effect urea fertilizers on the growth of Impatiens balsamina, and (3) the interaction between rice water and urea fertilizers with different concentrations on the growth of Impatiens balsamina. This research is an experimental study using a factorial study design with a 5 x 4 completely randomized design (CRD), which consists of 20 treatments and 3 replications. Population of this research are Impatiens balsamina And the sample are 60 Impatiens balsamina which taken with simple random technique. Independent variable is the rice water with a concentration of 0%, 25%, 50%, 75%, 100%, and the urea concentration of 0 ppm, 5 ppm, 10 ppm and 15 ppm, while the dependent variable is the growth of Impatiens balsamina of the dry weight of the plant. Data analysis consist of normality test (Kolmogorov Smirnov and Shapiro Wilk), homogeneity (Levene test), test hypotheses using two-way ANOVA, while test continue with honest significant difference test (HSD) at 5% significance level by SPSS 16.00 for windows. The results showed that (1) There are influence of rice water with different concentrations on the growth Impatiens balsamina and rice water concentration that gives the greatest dry weight is 100% concentration, (2) There are influence of urea fertilizers with different concentrations on growth of Impatiens balsamina and urea fertilizers concentration that gives the greatest dry weight is the concentration of 5 ppm, and (3) there is an interaction effect between rice water and urea fertilizers with different concentrations on growth of Impatiens balsamina and the best interaction is rice water with a concentration of 100% and the urea concentration of 5 ppm with an average dry weight of 1.7 grams.
keyword : Rice water, Urea fertilizer, Growth, Impatiens balsamina L.

Published

2014-07-10

Issue

Section

Articles