Analisis Potensi Epidermis Daun dan Derivatnya pada Famili Palmae di Sepanjang Pantai Parangtritis Sampai Depok sebagai Sumber Belajar Biologi

Authors

  • Cahyo Anggoroputro Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Abstract

The environment can be used as a learning resource to increase knowledge. One of the learning resources that can be found in the environment is plants. Biology learning has great potential in utilizing the environment as a learning resource. One of the uses of learning resources from the environment is by using research results.

This type of research is a qualitative descriptive study carried out through the analysis method of potential learning resources. The results of the research are analyzed for their potential as a learning resource by looking at the requirements of the research results as a learning resource which includes clarity of the potential availability of objects and problems raised, conformity with learning objectives, material objectives and their designation, information to be disclosed, exploration guidelines, and acquisitions to be achieved.

The results of this study indicate that (1) The results of research on the potential of leaf epidermis and its derivatives in the Palmae family along Parangtritis Beach to Depok Beach as a source of learning biology can be used as a source of learning biology because it is in accordance with the requirements of research results as a learning resource. (2) It is necessary to follow up to package / develop environment-based biology teaching materials that are tailored to the learning needs and characteristics of students through the research & development (R&D) method.

Keywords: Epidermis and derivatives 1; Palmae 2; Learning resources 3;

 

Abstrak

Lingkungan dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk menambah pengetahuan. Sumber belajar yang dapat ditemukan di lingkungan salah satunya adalah tumbuhan. Pembelajaran biologi memiliki potensi yang besar dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Salah satu pemanfaatan sumber belajar dari lingkungan yaitu dengan menggunakan hasil penelitian.

Jenis penelitian adalah penelitian deksriptif kualitatif yang dilakukan melalui metode analisis potensi sumber belajar. Hasil penelitian dianalisis potensinya sebagai sumber belajar dengan melihat syarat hasil penelitian sebagai sumber belajar yang meliputi kejelasan potensi ketersediaan objek dan permasalahan yang diangkat, kesesuaian dengan tujuan belajar, sasaran materi dan peruntukannya, informasi yang akan diungkap, pedoman eksplorasi, perolehan yang akan dicapai.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil penelitian tentang potensi epidermis daun dan derivatnya pada famili Palmae di sepanjang Pantai Parangtritis sampai Pantai Depok sebagai sumber belajar biologi dapat dijadikan sumber belajar biologi karena sesuai dengan persyaratan hasil penelitian sebagai sumber belajar. (2) Perlu tindak lanjut untuk mengemas/mengembangkan bahan ajar biologi berbasis lingkungan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan karakteristik peserta didik melalui metode research &development (R&D).

Kata-kata kunci: Epidermis dan derivat 1; Palmae 2; Sumber belajar 3

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles