Peran Etika dalam Penelitian Pendidikan, Biologi dan Lingkungan

Authors

  • Devi Alvionita Univsersitas Negeri Malang

Keywords:

Antroposentrisme, Biosentrisme, Ekosentrisme

Abstract

Etika keilmuan memberikan pengaruh luar biasa dalam perkembangan penelitian biologi dan lingkungan. Etika tidak hanya sebagai kajian teori namun juga sebagai landasan dalam kehidupan keseharian manusia terutama penelitian biologi dan lingkungan. Semakin berkembangnya ilmu dan pengetahuan memberikan banyak ide dan karya inovatif manusia dalam melakukan penelitian. Maraknya pelanggaran kode etik dalam berbagai bidang telah banyak menjadi sorotan. Beberapa pelanggaran kode etik ini diprakarsai oleh minimnya pengetahuan mengenai etika dan perannya dalam berbagai bidang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan etika dalam penelitian pendidikan, biologi, dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah studi tinjauan literatur. Hasil penelitian ini adalah mengetahui pandangan etika terdiri dari tiga aspek yang masih menjadi perbincangan yaitu antroposentrisme, biosentrisme, dan ekosentrisme. Melalui berbagai sudut pandang tersebut, telah disadari bahwa etika memberikan peran yang luar biasa dalam perkembangan penelitian pendidikan, biologi dan lingkungan untuk kesejahteraan bersama.

Author Biography

Devi Alvionita, Univsersitas Negeri Malang

Biology Education

References

Alvionita, D., Subchan, W., & Iqbal, M. (2020). The development of ecosystem education game based on Baluran National Park for senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012039

Baard, P. (2019). Ethics in conservation. Journal for Nature Conservation, 52(July), 125737. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2019.125737

Cafaro, P. J., & Primack, R. B. (2013). Environmental Ethics. In Encyclopedia of Biodiversity: Second Edition (Vol. 3). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-384719-5.00012-5

Costello, M. J., Beard, K. H., Corlett, R. T., Cumming, G. S., Devictor, V., Loyola, R., Maas, B., Miller-Rushing, A. J., Pakeman, R., & Primack, R. B. (2016). Field work ethics in biological research. Biological Conservation, 203, 268–271. https://doi.org/10.1016/j.biocon.2016.10.008

Faizah, U. (2020). Etika Lingkungan dan Aplikasinya dalam Pendidikan Menurut Perspektif Aksiologi. Filsafat Indonesia, 3(1), 14–22.

Habsy, B. A. (2020). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matapa, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.235678/25271987

Hudha, A. M. (2015). Kajian pengetahuan bioetika dan kemampuan pengambilan keputusan etis mahasiswa calon guru biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, 1(1), 530–538. http://biology.umm.ac.id/files/file/530-538 Atok Miftahul Huda.pdf

Kortenkamp, K. V., & Moore, C. F. (2001). Ecocentrism and anthropocentrism: Moral reasoning about ecological commons dilemmas. Journal of Environmental Psychology, 21(3), 261–272. https://doi.org/10.1006/jevp.2001.0205

Marsh, H., & Kenchington, R. (2004). The role of ethics in experimental marine biology and ecology. Journal of Experimental Marine Biology and Ecology, 300(1–2), 5–14. https://doi.org/10.1016/j.jembe.2003.11.024

Minarno, E. B. (2001). Pembelajaran Bioetika Sebagai Pengawal Perkembangan Biologi Modern Dan Penyelamatan Lingkungan Hidup. El–Hayah, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.18860/elha.v3i1.2217

Mittelstrass, J. (2002). The impact of the new biology on ethics. Journal of Molecular Biology, 319(4), 901–905. https://doi.org/10.1016/S0022-2836(02)00338-8

Muraille, E. (2019). Ethical control of innovation in a globalized and liberal world: Is good science still science? Endeavour, 43(4), 100709. https://doi.org/10.1016/j.endeavour.2020.100709

Rasyid, A., Gani, F., Zaimah, U., & Wulandari, S. R. (2020). Studi Literature Upaya Meningkatkan Literasi Informasi Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Selama Belajar Daring Efek Covid 19. Bioilmi, 6(2), 129–136.

Rezeqi, S., Nasution, A., Rasyid, A., Gani, F., Ginting, E. B., & Ginting, E. (2020). Evaluasi Aplikasi Berbasis Power Point Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Metode Etnobiologi. Biology Education Science & Technology, 3(2), 263–269.

Roziaty, E., & Annur Indra Kusumadani, I. A. (2017). Biologi Lingkungan. Muhammadiyah University Press.

Russell, C. (2013). Environmental Perspectives in Research Ethics. In Ethics for Graduate Researchers (First Edit). Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-416049-1.00013-1

Stewart, K. A. (2016). Anthropological Perspectives in Bioethics. International Encyclopedia of Public Health, 72(2000), 113–121. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-803678-5.00019-9

Tannenbaum, J. (2017). The Key Role of the Investigator a. In Animal Models for the Study of Human Disease (Second Edi).

Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809468-6/00001-2

Wang, F., & Zhang, W. (2019). Synthetic biology: Recent progress, biosafety and biosecurity concerns, and possible solutions. Journal of Biosafety and Biosecurity, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.1016/j.jobb.2018.12.003

Yuono, Y. R. (2019). Etika Lingkungan : Melawan Etika Lingkungan Antroposentris Melalui Interpretasi Teologi Penciptaan Yang Tepat Sebagai Landasan Bagi Pengelolaan-Pelestarian Lingkungan. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 183–203. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.40

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles