PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH KEPALA UDANG DALAM MEDIA KULTUR TERHADAP BIOMASA CACING SUTRA (Tubifex sp)

Authors

  • Zainuddin Zainuddin Universitas Borneo Tarakan

Keywords:

Silk Worms; Shrimp Head Waste; Biomass; Populations

Abstract

Cacing Sutra (Tubifex sp.) merupakan salah satu pakan alami yang cocok digunakan sebagai pakan larva ikan, baik ikan konsumsi maupun ikan hias air tawar. Kegiatan budidaya Cacing Sutra perlu dikembangkan sebagai solusi untuk mengatasi ketergantungan cacing sutera dialam dan untuk menghasilkan Cacing Sutra yang berkualitas sehingga memerlukan media budidaya yang baik. Limbah kepala udang dapat diolah menjadi tepung kepala udang berdasarkan bentuk fisik tergolong dalam flavor padat (Solid flavouring) yang dihasilkan melalui proses penepungan, setelah sebelumnya melalui tahap pengeringan/penjemuran. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah kepala udang dengan dosis yang berbeda untuk pertumbuhan Cacing Sutra (Tubifex sp). Penelitian ini berdasarkan pada rancangan percobaan yang menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Perlakuan yang di gunakan adalah Kontrol (A) Lumpur 1 Kg, Perlakuan 1 (B) Lumpur 1Kg + Tepung Kepala Udang 200 g, Perlakuan 2 (C) Lumpur 1Kg + Tepung Kepala Udang 400 g, Perlakuan 3  (D) Lumpur 1Kg + Tepung Kepala Udang 600 g. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 20 hari dapat diketahui bahwa dengan dosis media tepung kepala udang yang berbeda dapat mempengaruhi biomassa dan populasi cacing sutera (Tubifex sp). Penambahan biomassa cacing sutera tertinggi pada perlakuan C dengan dosis pemberian  media lumpur berpasir 1kg dan tepung kepala udang 400g/wadah  dengan hasil biomassa (18.00± 0.31 gram) dan populasi (17826± 311)  individu cacing sutera.

References

Astutik 2016.Perbedaan Media Kotoran Ayam, Kotoran Sapi, Ampas Tahu, Dan Limbah Media Jamur Tiram Terhadap Pertumbuhan Cacing Sutra (Tubifex L.) Universitas Jember.

Cahyono EW, Hutabarat J, dan Herawati VE. 2015 Pengaruh Pemberian Fermentasi Kotoran Burung Puyuh yang Berbeda Dalam Media Kultur Terhadap Kandungan Nutrisi dan Produksi Biomassa Cacing Sutra (Tubifex sp.). Journal of Aquaculture Management and Techology. Vol 4, No 4 Hal 127-135.

Febrianti, D.2004. Pengaruh pemupukan Harian dengan Kotoran Ayam terhadap Pertumbuhan Populasi Bomassa Cacing Sutera (Limnodrilus). Institut Pertanian Bogor.

Hadiroseyani. Y,. Nurjannah dan D. Wahyuningrum. 2007. Kelimpahan Bakteri dalam Budidaya Cacing Limnodrillus sp. Yang Dipupuk Kotoran Ayam Hasil Fermentasi.J. Akuakultur Indonesia.

Johari Y, T. 2012. Pemanfaatan Limbah Lumpur (Sludge) Kelapa Sawit dan Kotoran Sapi untuk Budidaya Cacing Sutera (Tubifex sp.) dalam Pengembangan Pakan Alami. Tesis. Program Studi Ilmu Kelautan. Universitas Terbuka. Jakarta.

Masrurotun, 2014. Pengaruh Pemberian Kotoran Ayam ,silase ikan rucah dan tepung tapioca dalam media kultur terhadap biomassa, populasi dan kandungan nutrisi Cacing Sutra (Tubifex sp). Jurnal Of Aquakulture Management and Technology.

Oplinger RW, Bartley M, Wagner EJ. 2011. Culture of Tubifex tubifex: effect of feed type, ration, temperature, and density on juvenile recruitment, production, and adult survival. North American Journal of Aquaculture 73: 68–75.

Poultry Indonesia. 2007. Limbah Udang Pengganti Tepung Ikan.

Pursetyo, K.T., W.H. Satyantini, A.S. Mubarak. 2011. Pengaruh pemupukan ulang kotoran ayam kering terhadap populasi ccing (Tubifex sp). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan.

Shaifuddin D, W. Efiyanti dan Widarni. 2005. Pemanfaatan Ulang Limbah Organik dari Substrak Tubifex sp.di dalam Universitas Terbuka Indonesia.

Solang J, Pangkey H, Wulur S, Lantu S. 2014. Ratio C:N pada media kultur cacing sutra (Tubifex sp.). Aquatic Sience and Management. 2 (1): 19-23.

Suharyadi.2012. Studi Penumbuhan dan Produksi Cacing Sutra (Tubifex sp) Dengan Pupuk yang berbeda dalam Sirkulasi tesis .Universitas Terbuka ,Jakarta.

Syam F. S., G. .M. Novia dan S.N Kusumawati. 2011. Efekfitas Pemupukan dengan Kotoan Ayam dalam Upaya Peningkatn Pertumbuhan populasi dan Biomassa Cacing Sutra Limnodrillus SP. Melalui Pemupukan Harian dan Hasil Fermentasi. J.Institut Pertanian Bogor.

Published

2023-08-11

Issue

Section

Articles