HUBUNGAN POLA ASUH, MOTIVASI BELAJAR, DAN STATUS SOSIAL-EKONOMI ORANG TUA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Luh Kompyang Sukewati .
  • Prof. Dr.Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si .
  • Dr. I Wayan Sukra Warpala,S.Pd,M.Sc .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v2i1.5539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan pola asuh, motivasi belajar, dan status sosial-ekonomi terhadap hasil belajar biologi, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang mendapat pelajaran biologi, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 122 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian ex-post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pola asuh, motivasi belajar, dan status sosial-ekonomi, menggunakan instrument Model Skala Likert, dengan rentangan skor 1-5. Hasil belajar biologi diperoleh dengan pencatatan dokumen nilai ulangan tengah semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat: (1) hubungan yang signifikan variabel pola asuh terhadap hasil belajar biologi siswa dengan hubungan sebesar 13,2%, (2) hubungan yang signifikan variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa dengan hubungan sebesar 42,9%, (3) hubungan yang signifikan variabel status sosial-ekonomi terhadap hasil belajar biologi siswa dengan hubungan sebesar 9,5%, (4) hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara pola asuh, motivasi belajar, dan status sosial-ekonomi terhadap hasil belajar biologi siswa dengan hubungan sebesar 56,7%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pola asuh, motivasi belajar, dan status sosial-ekonomi terhadap hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama. Dengan demikian ketiga variabel tersebut dapat dijadikan preditor tingkat kecendrungan kualitas hasil belajar biologi.
Kata Kunci : pola asuh, motivasi belajar, status sosial-ekonomi,hasil belajar biologi

This study aims to describe and analyze the relationship among parenting, learning motivation, and social economic status on students’ parents toward the result in learning biology either in separately or in jointly. The population in this study was all tenth grade students who got the biology class and sample in this study which was consisted of 122 students. This study was designed in the form of ex-post facto research. The data was collected by using questionnaires of parenting, learning motivation, and social economic status, using a Likert scale model with a range score 1-5. The results in learning biology obtained from the result on students’ mid test on even semester in academic year 2014/2015. The data were analyzed by using simple regression test and double regression. The result of data analysis showed that (1) there were significant relationship between the parenting and the result in learning biology to be amount of 13.2 %, (2) there were significant relationship in learning motivation toward the result in learning biology as much as 42.9 %, (3) there were significant relationship in social economic status toward the result in learning biology as many as 9.5 %, (4) there were significant relationship among parenting, learning motivation, and social economic status on students’ parents toward the result in learning biology to be amount of 56.7 %. Based on the result findings, there was significant relationship among parenting, learning motivation, and social economic toward the result in learning biology on class X at SMA Negeri 2 Singaraja either in separately or in jointly. Thus, these three variables can be used as a preditor in tendency level quality for the result in learning biology.
keyword : parenting, learning motivation, social economic status, the results in learning biology

Published

2015-07-28

Issue

Section

Articles