Analisis Media Pembelajar Mahasiswa Jurusan Biologi Pada Mata Kuliah Produksi Media Pembelajaran

Authors

  • Jumadil Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Banyak media pembelajaran yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Setiap media memiliki kelebihan dan kekurangan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis media yang sesuai untuk pembelajaran biologi. Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian difokuskan pada permasalahan media pembelajaran yang digunakan mahasiswa jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo. Subjek penelitian sejumlah 12 mahasiswa biologi semster 5. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan teknik wawancara langsung ke responden dan kuesioner terbuka secara online dengan aplikasi google form. Analisis data penelitian meliputi tiga tahapan yakni, pertama reduksi data, display data dan verifikasi kesimpulan. Hail penelitian menunjukan media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran terdiri dari Powerpoint, Buku, Video Pembelajaran, Spada, Word, Microsite, Siat, canva, chart dan LSM. Pengunaan media didominasi oleh pengunaan Powerpoint karana dianggap sebagai media yang paling mudah untuk digunakan, selain itu Powerpoit lebih praktis, luwes mudah diakses dimanapun dan kapanpun, dan sangat cocok digunakan dalam kelas besar. Media yang dikembangkan untuk menunjang selama proses perkuliahan Produksi Media Pembelajaran yaitu media yang mudah diakses dari mana saja, media yang berbasis digital serta media yang cara penggunaannya mudah untuk dioperasikan.

References

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pengajaran, Jakarta: Rajagrafindo Persada

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada

Ayuningrum, F. (2012). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Siswa Kelas X Pada Kompetensi Mengolah Soup Kontinental di SMK N 2 Godean. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 12(1), 149-162.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144.

Jennah, R. (2009). Media pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

Muthoharoh, M. (2019). Media Powerpoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21-32.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50-59.

Potekur., & Fadiana, Mu’jizatin. (2021). Kesulitan Guru Biologi dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Di SMAN 1 Paciran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 5 (2), 157-168.

Raco, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. (2007). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Shoffa, S., Holisin, I., Palandi, J. F., Cacik, S., Indriyani, D., Supriyanto, E. E., ... & Kom, M. (2021). Perkembangan media pembelajaran di perguruan tinggi. Jawa Timur: Agrapana Media.

Published

2023-08-11

Issue

Section

Articles