PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMP NEGERI 3 TEGALLALANG

Authors

  • Ni Luh Putu Widya Dharmayanthi .
  • Prof. Dr. Putu Budi Adnyana, M.Si .
  • Dr. I Wayan Sukra Warpala,S.Pd,M.Sc .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v2i1.5801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran elaborasi dan model direct instruction di SMP Negeri 3 Tegallalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tegallalang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 248 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian sehingga diperoleh 2 kelas (64 siswa) sebagai sampel penelitian. Data yang dikumpulkan adalah data hasil dan aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode testing sedangkan data aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi pada setiap pertemuan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis kovarian (anakova), dan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan (p=0,0001) antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran elaborasi dan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction, (2) aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran elaborasi lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model direct instruction.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Elaborasi, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

The purpose of this research was to know the differences in biology learning outcomes between students who learned with the elaboration learning model and direct instruction model in SMP Negeri 3 Tegallalang. This research was a quasi-experimental research with non-equivalent pre-test post-test control group design. The population in this research was all students in VII grade of SMP Negeri 3 Tegallalang academic year 2014/2015 which consists of 8 classes with 248 students. Sample was selected using simple random sampling technique by the raffle to obtain two classes (64 students) as a sample. The data that was collected consists of students learning outcomes and activities. Data of learning outcomes was collected with testing method, while data of learning activities was collected with observation method in each meeting. Data analysis techniques with descriptive analysis, analysis of covariance (anacova), and analysis of independent sample t-test. The results showed that (1) there is a significant difference in learning outcomes (p=0.0001) between the students who learned with elaboration learning model and students who learned with direct instruction model, (2) students learning activities with elaboration learning model is higher than students learning activities with direct instruction model.
keyword : Elaboration Learning Model, Direct Instruction Model, Learning Outcomes, Learning Activities

Published

2015-08-03

Issue

Section

Articles