PENGARUH PERBEDAAN PAKAN JADI TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT IKAN MUJAIR (Oreochromis mossambicus) DI DESA TERUNYAN KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI

Authors

  • I Wayan Eva Widi Pratama .
  • Drs.I Ketut Artawan,M.Si .
  • Ida Ayu Putu Suryanti,S.Si.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v3i2.8016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada atau tidak pengaruh perbedaan pakan jadi merk (Comfeed, Bintang, dan Provite) terhadap pertambahan berat ikan mujair (Oreochromis mossambicus); 2) Untuk mengetahui pakan jadi merk manakah yang memberikan berat badan maksimal pada Ikan mujair (Oreochromis mossambicus). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Terunyan Kecamatan Kintamani Kabuupaten Bangli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Ikan Mujair yang dibudidayakan di Desa Terunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 90 ekor Ikan Mujair yang digunakan dalam penelitian dan akan ditebar pada setiap kolam pembesaran dengan ukuran dan berat yang relatif sama. Dari hasil penelitian pertambahan berat ikan mujair dapat dilihat pertambahan berat yang tinggi dan berbeda dari setiap pakan yang diberikan, yakni pakan merk Comfeed rata – rata pertambahan beratnya adalah 109,3 gr, pakan merk Bintang rata – rata pertambahan beratnya adalah 178,8 dan pakan merk Provite rata- rata pertambahan beratnya adalah 138,03 gr. Hal ini sesuai dengan hasil analisis statistik data pertambahan berat ikan mujair yang diberi pakan berbeda menggunakan uji ANAVA satu arah pada program SPSS versi 21.0 for windows, diperoleh angka signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari pertambahan berat ikan mujair yang diberi pakan yang berbeda antara merk Comfeed, Bintang dan Provite.
Kata Kunci : Ikan Mujair, pakan,berat

The research aimed 1) to investigate whether there was significant difference of Comfeed, Bintang, and Provite treatment toward the increase of Oreochomis mossambicus weight, 2) to understand which feed gives the most significant effect toward the Oreochomis mossambicus weight. This research was an experimental research. This research took place in Terunyan village, Kintamani sub-district, Bangli regency. There were 90 Oreochomis mossambicus fishes with same size and weight that were selected as the sample of the study. The result showed that there were different height and weight among the fishes that were given by different feed. The weight of the fishes that were given by Comfeed increase 109.3 gram. Meanwhile, the weight of the fishes given by Bintang increase 178.8 gram. On the other hand, the weight of the fishes given by Provite increase 138.03 gram. Those results were supported by ANAVA test through SPSS 21.0 for windows which showed that the significant level 0.000 < 0.05. Thus means that Ho were rejected and Hi were accepted. In addition, there were significant difference in terms of Oreochomis mossambicus weight that were given by Comfeed, Bintang, and Provite.
keyword : Oreochomis mossambicus, feed, weight

Published

2016-07-27

Issue

Section

Articles