PERUBAHAN STRUKTUR VEGETASI PADA EKOSISTEM TEREUTROFIKASI DI DANAU BUYAN, DESA PANCASARI, KECAMATAN SUKASADA, KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Ni Made Dwi Sintya Prabayanthi .
  • Prof. Dr.Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si .
  • Prof. Dr. Nyoman Wijana,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v3i2.8056

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Struktur vegetasi pada ekosistem tereutrofikasi di kawasan Danau Buyan, dan (2) Kualitas air Danau Buyan dilihat dari kandungan Nitrat dan Phospat yang terkandung di dalamnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh vegetasi tumbuhan air di perairan yang mengalami eutrofikasi. Metode yang digunakan dalam pengambilan data di lapangan adalah dengan menggunakan metode kuadrat. Teknik pengambilan sampel adalah dengan sistematik sampling. Data dianalisis secara statistik ekologi dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan (1) Struktur vegetasi pada ekosistem tereutrofikasi berdasarkan tiga parameter yaitu indeks keanekaragaman; indeks similaritas dan indeks dissimilaritas nilai penting spesies; serta persentase kehadiran spesies menunjukan adanya perubahan struktur vegetasi. (2) Kadar Nitrat dalam air Danau Buyan rata-rata menunjukan kadar yang rendah, sedangkan kadar phospat dalam air Danau Buyan rata-rata menunjukan kadar yang tinggi.
Kata Kunci : Perubahan, Struktur Vegetasi, Ekosistem Tereutrofikasi, Danau Buyan

The research objectives are (1) Vegetation structure of eutrophic ecosystem on Lake Buyan. (2) Water quality from Nitrate and Phosphate concentration on Lake Buyan. This research is a kind of exploratory research. The population in the study are all of the aquatic weeds vegetation in the eutrophic area. The methode used in collecting data in the field is quadrate methode.Technical sampling used systematic sampling. The data was analyzed by ecology statistic and descriptive. The result of this research are (1) The structure of vegetation on the eutrophic ecosystems based on three parameters, namely diversity index; similarity and dissimilarity index of species important value; and the percentage of species shows the changes in vegetation structure. (2) The concentration of Nitrate in the water of Lake Buyan on average indicates low levels, while the concentration of phosphate in the water of Lake Buyan on average showed higher levels.
keyword : The Change, Vegetation Structure, Eutrophic Ecosystem, Lake Buyan

Published

2016-07-28

Issue

Section

Articles