MUSIK TRADISIONAL MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEGAIRAHAN BELAJAR IPA KELAS VII SMPN 5 SINGARAJA

Authors

  • Tia Nur Rosita .
  • Prof. Dr. I Made Sutajaya,M.Kes. .
  • Dra.Desak Made Citrawathi,M.Kes .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v3i2.8058

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui musik tradisional meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja; dan (2) untuk mengetahui musik tradisional meningkatkan kegairahan belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 5 Singaraja. Sampel diambil dengan teknik simple group random sampling dan diperoleh 2 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 63 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data primer (menayakan langsung kepada responden) yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 20 butir. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistik t independent test. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) musik tradisional dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VII sebesar 4,7 % dengan nilai p yang diperoleh sebesar 0,005 (p<0,05); dan (2) musik tradisional dapat meningkatkan kegairahan belajar IPA siswa kelas VII sebesar 6,9 % dengan nilai p yang diperoleh 0,0001 (p<0,05). Jadi, dapat disimpulkan bahwa musik tradisional dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja sebesar 4,7 % dan musik tradisional dapat meningkatkan kegairahan belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja sebesar 6,9 %.
Kata Kunci : kegairahan belajar, motivasi belajar, musik tradisional

The aims of this research are: (1) to know wether traditional music increase the motivation on studying science in class VII SMP Negeri 5 Singaraja; and (2) to know the traditional music increases the excitement on learning science in class VII SMP Negeri 5 Singaraja. The kind of this research is a Quasi Experiment that used Posttest Only Control Group Design. The study population was the whole class VII SMP N 5 Singaraja. Samples were taken using simple random sampling group and obtained two classes with a total sample of 63 students. The data collected were primary data (by asking respondents directly) and using a questionnaire with a number of statements of 20 items. Data analysis technique was done by using independent t test statistic. Hypothesis testing was done at 5% of significance level. The result showed that (1) the traditional music increases the motivation to learn science at class VII by 4.7% with a value of p obtained amounted to 0.005 (p <0.05); and (2) traditional music increases the excitement to learn science at class VII by 6.9% with a value of p obtained 0.0001 (p <0.05). It can be concluded that traditional music increases the motivation to learn science at class VII SMP Negeri 5 Singaraja by 4.7% and traditional music increases the excitement to learn science at class VII SMP Negeri 5 Singaraja by 6.9%.
keyword : learning enthusiasm, learning motivation, traditional music

Published

2016-07-29

Issue

Section

Articles