STUDI PENGGUNAAN BUKLET DENGAN SETTING MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SAWAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ismiatul Wardah .
  • Dra.Desak Made Citrawathi,M.Kes .
  • Drs. Sanusi Mulyadiharja,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpb.v3i2.8182

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara kelompok kelas yang dibelajarkan menggunakan buklet setting NHT dan tanpa menggunakan buklet setting konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu (quasi experimental research) dengan rancangan non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X semester genap SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X7 dan X8 SMA Negeri 1 Sawan. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar ranah kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik Independent Sample T-test. Pengujian dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil penelitian yaitu: terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara kelompok kelas yang dibelajarkan menggunakan buklet setting NHT dan tanpa menggunakan buklet setting konvensional.
Kata Kunci : animalia, buklet, NHT.

This study was aimed to identify diversity of biology learning result between learning groups with NHT setting booklet and without conventional setting. This study was a quasi experimental research with non-equivalent pre-test post-test control group design. Population of this study were second semester X grade students of SMAN 1 Sawan academic year 2015/2016. Sample were choosen through random sampling. The sample of this study were X7 and X8 of SMAN 1 Sawan. Data were collected through students' learning result with cognitive test. The Data were analyzed using two analysis technique, descriptive analysis and statistic analysis with Independent Sample T-test. The test was done with 5% significancy. Based on data analysis, the result of this study were: there was a significant effect of biology learning result between learning groups with NHT setting booklet and without conventional setting.
keyword : animalia, booklet, NHT

Published

2016-08-03

Issue

Section

Articles