Pembelajaran yang Repetitif Meningkatkan Keluhan Musculoskeletal dan Stres Akibat Belajar serta Menurunkan Motivasi Siswa di SMA Negeri 10 Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpb.v11i2.82102Keywords:
pembelajaran yang repetitif, Keluhan Muskuloskeletal, stres akibat belajar, Motivasi BelajarAbstract
This study aims to determine the application of repetitive learning increases musculoskeletal complaints and stress due to learning and decreases learning motivation. This type of research is a quasi-experimental study with a nonequivalent randomized pre and post test control group design. The dependent variables of this study include: (1) musculoskeletal complaints were recorded using the Nordic Body Map questionnaire, (2) stress due to learning was recorded using the stress questionnaire due to learning, (3) learning motivation was recorded using the learning motivation questionnaire. Data were analyzed using an independent sample t-test with a significance level of 5%. The results of this study indicate that (1) repetitive learning significantly increases musculoskeletal complaints in students by 27.95%, (2) repetitive learning significantly increases stress due to learning by 13.79%, (3) repetitive learning significantly decreases learning motivation by 3.36%.
References
Adiputra, S., Mujiyati. 2017. Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor, 6 (4), 150-157.
Aryani, F. 2016. Stres Belajar: Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Palu: Edukasi Mitra Grafika.
Barseli, M., Ifdil, I. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5 (3), 143-148.
Cucinotta, D., Vanelli, M. 2020. WHO: Declares COVID-19 A Pandemic. Acta Bio-Medica: Atenei Paramensis. 91 (1).
Darmayanti, N.L.S., Muliani, Yuliani. 2020. Hubungan Lama Duduk dan Indeks Massa Tubuh (IMT) Terhadap Keluhan Musculoskeletal Pada Mahasiswa Prograam Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi Universitas Udayana Angkatan Tahun 2013 dan 2014. Jurnal Medika Udayana, 9(9).
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Harahap, A.C.P., Dinda, P.H., Samsul, R.H. 2020. Analisis Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3 (1), 10-14.
Health And Safety Executive. 2019. Health And Safety At Work Summary Statistics For Great Britain. HSE: UK.
Hendrawan, M.B., Sutajaya, I M., Citrawati, D.M. 2019. Mekanisme Kerja Borongan Yang Monoton Dan Repetitif Meningkatkan Keluhan Musculoskeletal Dan Kelelahan Penenun Di Desa Gel Gel Klungkung. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1), 44-48.
Hutabarat, Y.2017. Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi (I ed.). Malang: Media Nusa Creatiiive.
Kemendikbud. 2020. Belajar dari Rumah, Satuan Pendidikan dapat Pilih Plaform Pembelajaran Jarak Jauh Sesuai Kebutuhan (Learning From Home, Education Units Can Choose Distance Learning Platforms As Needed). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Lazuardi, A.I. 2016. Determinan Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Pada Pekerja Pemecah Batu (Studi pada Pekerja Pemecah Batu di Kecamatan Sumbersari dan Sukowono Kabupaten Jember). Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Jember.
Mariana, H.V., Siswi, J., Ida, W. 2018. Hubungan Gerakan Berulang, Postur Pergelangan Tangan, Masa Kerja, dan Usia Terhadap Kejadian Carpal Tunnel Syndrome pada Tukang Besi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6 (5), 535-539.
Mulya, H.A., Indrawati, E.S. 2016. Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponogoro Semarang. Jurnal Empati, 5 (2), 296-302.
Nissa, P.C., Baju, W., Suroto. 2015. Hubungan Gerakan Repetitif dan Lama Kerja dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada Mahasiswa Teknik Arsitektur. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 3 (3), 563-569.
Nurhalimah, Sutangi., Sri, H. 2017. Hubungan Posisi Kerja Duduk dan Gerakan Repetitive Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pembuat Kulit Lumpia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2 (1), 23-29.
Oon, A.N.L. 2007. Teaching Children Handling Study Stress. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Prawira, M.A., Yanti, N.P.N., Kurniawan, E., Arha, L. P. W. 2017. Faktor yang Berhubungan terhadap Keluhan Muskuloskeletal pada Mahasiswa Universitas Udayana Tahun 2016. Journal oof Industrial Hygiene and Occuationaal Health, 1(2).
Purwaningsih, R., Dyah, A.P., Novie, S. 2017. Desain Stasiun Kerja dan Postur Kerja Dengan Menggunakan Analisis Biomekanik Untuk Mengurangi Beban Statis dan Keluhan Pada Otot. Jurnal Teknik Industri,12 (1), 15-21.
Rizqiansyah, M.Z.A. 2017. Hubungan Antara Beban Kerja Fisik dan Beban Kerja Mental Berbasis Ergonomi terhadap Tingkat Kejenuhan Kerja pada Karyawan PT Jasa Marga (PERSERO) Tbk Cabang Surabaya Gempol. Jurnal Sains Psikologi. 6 (1), 37-42.
Rosita, T.N., Sutajaya, I M., Citrawati, D.M. 2016. Musik Tradisional Meningkatkan Motivasi dan Kegairahan Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Singaraja. Jurnal Pendidikan Biologi, 3 (2)
Salsabila, D. V., Taufiq, S. M. Farah, R. P., Siti, N. J. H. 2020. Capaian Pembelajaran Daring ditinjau dari Model dan Motivasi Belajar. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 5 (1), 252-257.
Sekarsari, D., Arum, D.P., Amrin, F. 2017. Hubungan Lama Kerja, Gerakan Repetitif dan Postur Janggal pada Tangan dengan Keluhan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Pekerja Pemecah Batu di Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2 (6), 1-8.
Solikhin, D., Al, K., Subha, Z.A. 2019. Hubungan Antara Usia, Durasi Kerja, dan Gerakan Repetitive Menekan Nozzle dengan Keluhan Subjektif Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Petugas Operator Pengisi BBM di Tiga SPBU Kota Yogyakarta Tahun 2019. Tesis.Universitas Ahmad Dahlan.
Sutajaya, I.M. 2019. Ergonomi Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Utomo, T.P. 2017. Meningkatkan Prestasi Peserta Didik melalui Pendidikan Full Day School, AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education. 1 (1), 61-77.
Wardana, E.R., Siswi, J., Ekawati. 2018. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Pada Pekerja Unit Assembling PT X Kota Semarang Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6 (5), 502-508.
Wulandari, B., Surjono, H. D. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 178-190.
Yusuf, H., Wulandari, I.D. 2013. Penatalaksanaan Fisioterapi pada De Quervain Syndrome Menggunakan Ultrasound, Tens, Dan Terapi Latihan di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Jurnal Unikal, 25 (1), 51-60.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Made Heri Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.