Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Pembawa Acara Dengan Metode Copy The Master Pada Siswa Smp

Authors

  • Komang Sinta Anggreningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Rai Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v8i2.35358

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan (1) bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan metode copy the master untuk meningkatkan kemampuan membaca teks pembawa acara siswa kelas SKS SMP Negeri 1 Singaraja, (2) apakah metode copy the master bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks pembawa acara siswa kelas SKS SMP Negeri 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas SKS SMP Negeri 1 Singaraja. Objek penelitian ini adalah metode copy the master. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode copy the master yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca teks pembawa acara siswa kelas SKS SMP Negeri 1 Singaraja, sudah sesuai RPP yang dibuat oleh guru. (2) metode copy the master dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca teks pembawa acara, ada peningkatan hasil tes siswa setelah siklus I dilaksanakan, skor rata-rata siswa 74,19. Pada siklus II skor rata-rata siswa meningkat 84,38.

Downloads

Published

31-10-2021

Issue

Section

Articles