Media Audio Visual Lagu Pop Bali Meningkatkan Kemampuan Paribasa Bali

Authors

  • Ni Putu Pande Mirah Sri Erlina Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.B. Made Ludy Paryatna
  • sukma wirani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v8i2.35602

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tata cara media audio visual untuk meningkatkan kemampuan paribasa Bali menggunakan lagu pop Bali siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Tabanan. (2) Media audio visual digunakan untuk meningkatkan kemampuan paribasa Bali menggunakan lagu pop Bali siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Tabanan. (3) Pendapat sisia kelas VIIIE SMP Negeri 1 Tabanan tentang media audio visual menggunakan lagu pop Bali. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Tabanan, dan objek pada penelitian ini adalah pembelajaran paribasa Bali menggunakan paribasa Bali dengan lagu pop Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuisioner. Hasil penelitian meliputi : Penerapan pembelajaran media audio visual dengan merencanakan kegiatan pembelajaran. Kemampuan siswa meningkat 59% dengan memanfaatkan media audio visual lagu pop Bali. Respon siswa sangan positif ketika pembelajaran menggunakan media audio visual lagu pop Bali. Terdapat pengaruh yang baik ketika pembelajaran menggunakan media audio visual lagu pop Bali untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam paribasa Bali.

Author Biography

Ni Putu Pande Mirah Sri Erlina, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Bali

Downloads

Published

31-10-2021

Issue

Section

Articles