Meningkatkan Kemampuan Mendongeng Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bila Melalui Media Audio Visual

Authors

  • Putu Riastari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Sukma Wirani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Made Ludy Paryatna Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v7i1.35961

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang pembelajaran mendongeng yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bila, hasil kemampuan mendongeng dalam menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bila, dan pendapat siswa mengenai media audio visual yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mendongeng pada siswa kelas V SD Negeri 2 Subjek pada penelitian ini siswa dan guru di kelas V SD Negeri 2 Bila dan objek penelitian ini, media audio visual. pengumpulan data di penelitian ini mengunakan cara observasi, tes dan kuisioner. Pengolahan data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatf dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil tes siswa sasudah melaksanakan pertemuan I, skor rata-rata sisia adalah 62,57. Di pertemuan II, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 85,14. Dalam pembelajaran menggunakan media audio visual. Pendapat siswa pada penggunaan media audio visual yang digunakan pada pembelajaran mendongeng Bali adalah 100% senang. Penerapan Media Kauningayang media audio visual bisa meningkatkan kemampuan mendongeng Bali pada siswa.

Kata Kunci : media audio visual, mendongeng bali

Downloads

Published

31-03-2020

Issue

Section

Articles