Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Ginal-Ginul
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i1.39723Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menunjukkan keberadaan unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter dalam geguritan Ginal-Ginul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah geguritan Ginal-Ginul. Objek dari penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam geguritan Ginal-Ginul. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan studi dokumentasi. Intrumen pengumpulan data menggunakan kartu data. Analisis data dimulai dari reduksi data, pemaparan data, menyimpulkan dan verifikasi. Data mengenai unsur intrinsik diperoleh berupa terdapat 12 tokoh cerita yang dibagi menjadi dua jenis tokoh yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan; masing-masing tokoh memiliki penokohan yang berbeda; ada tiga jenis latar yang ditemukan yaitu latar tempat, waktu dan suasana; alur yang digunakan berupa alur lurus (progresif); gaya bahasa utamanya paribasa yang ada berupa sesawangan, pepindan, sesonggan dan sesimbing; Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang pengarang sebagai pengarang serba tahu; amanatnya adalah diharapkan generasi muda berperilaku sesuai dengan nilai pendidikan karakter; Tema geguritan ini adalah ilmu pengetahuan. Data mengenai nilai pendidikan karakter diperoleh berupa nilai ketekunan; nilai kejujuran; nilai keberanian; nilai kepedulian; nilai disiplin; nilai kewarganegaraan; nilai rasa hormat; nilai tanggung jawab.
Kata Kunci: Unsur Intrinsik, Nilai Karakter, Geguritan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.