Analisis Pasang Aksara Bali Pada Papan Nama Beraksara Bali Di SMA/SMK Se-Kabupaten Tabanan

Authors

  • Ida Bagus Purwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Gede Wisnu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Sukma Wirani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i2.44310

Keywords:

analisis, papan nama, aksara, bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keadaan papan nama beraksara Bali di SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan dan kesalahan tulis pasang aksara Bali yang terdapat dalam papan nama beraksara Bali tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah papan nama beraksara Bali di SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan. Objek penelitian ini adalah tulisan aksara Bali pada papan nama sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini dari 29 SMA/SMK yang ada di Kabupaten Tabanan adalah sebanyak 20 SMA/SMK menggunakan papan nama beraksara Bali dan Sembilan sekolah tidak menggunakan. Jumlah data kesalahan bentuk tulisan pasang aksara Bali pada papan nama beraksara Bali tersebut dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: (1) Kesalahan dalam menulis kata beraksara Bali ditemukan sebanyak delapan, (2) Kesalahan menulis singkatan beraksara Bali ditemukan sebanyak 16, dan (3) Kesalahan menulis angka beraksara Bali ditemukan sebanyak enam. Data kedua didapatkan sebanyak enam papan nama dengan jenis papan nama yang benar dan 14 papan nama dengan jenis papan nama yang salah. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat menjadi acuan dalam penulisan papan nama beraksara Bali yang baik dan benar.

References

Anom, I. G. (2009). Kamus Bali-Indonesia Beraksara Latin dan Bali. Denpasar: Badan Pembina Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali.

Aryantini, N. L. (2016 ). Nureksain Sesuratan Pasang Aksara Bali ring Sajeroning Papan Wasta sane Wenten ring SD se-Kecamatan Jembrana. Skripsi (tidak diterbitkan): Jurusan Pendidikan Bahasa Bali, Undiksha Singaraja.

Bali, D. K. (1996). Pedoman Penulisan Papan Nama Dengan Aksara Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gautama, W. (2006). Tata Sukerta Bahasa Bali. Denpasar: Cv. Kayumasagung.

Mahendra, P. (2018). Plang Aksara Bali Salah Dibiarkan Terpasang. Tersedia pada https: //balitribune.co.id/content/plang-aksara-bali-salah-dibiarkan-terpasang. Diakses pada 20 November 2021.

Medra, d. (2002). Pedoman Pasang Aksara Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Propinsi Bali.

Peraturan Gubernur Bali Nomor 80. (2018). Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Puspariani, I. (2019). Nureksain Kaiwangan Sesuratan Pasang Aksara Bali ring Sajeroning Papan Nama sane Wenten ring Instansi miwah Sekolah Se-Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Skrispi (tidak diterbitkan: Jurusan Pendidikan Bahasa Bali, Undiksha Singaraja.

Puspariani, IA., Manik A, IB., & Purnami, IA. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Penulisan Aksara Bali Pada Papan Nama Instansi Se-Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 7(1), 11-20.

Simpen AB, I. (1979). Pasang Aksara Bali. Denpasar: Dinas Pengaajaran Provinsi Daerah Tingkat I Bali.

Suandi, I. N. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukanta Media. (2018). Cara Penulisan Papan Nama Dengan Aksara Bali. Tersedia pada: https://sukantamediacorp.blogspot.com/2018/10/tata-cara-uger-uger-penulisan-papan.html . Diakses pada 19 Agustus 2021.

Suwija, I. (2014). Pasang Aksara Bali. Denpasar: Pelawa Sari.

Tangkas, Made. 2018. "Aksara Bali dalam Penulisan Papan Nama Berbahasa Asing; Sekilas Tinjauan Implementasi Pergub Bali No. 80 Tahun 2018". Tersedia pada https://core.ac.uk/download/pdf/327190517.pdf (diakses tanggal 1 February 2022)

Tarigan, H. (1986). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Materi Pembinaan Aksara, B. d. (2003). Pedoman Pasang Aksara Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Tinggen , I. (1996). Pelik-Pelik Pasang Aksara Bali dan Penulisan Papan Nama. Singaraja: Bahan Penataran Guru-guru Bahasa Bali se-Bali di Denpasar.

Downloads

Published

01-11-2022

Issue

Section

Articles