Menggunakan Aplikasi Patik Bali Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Aksara Bali Dengan Model Blended Learning

Authors

  • I Kadek Eka Muliana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Sukma Wirani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Rai Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i2.46628

Keywords:

media, patik, menulis, aksara

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menggunakan aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi, (2) Aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi, (3) Pendapat siswa mengenai adanya aplikasi PaTik Bali dalam model blended learning untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII SMP Katolik Soverdi. Dengan adanya pengunaan aplikasi PaTik Bali sebagai salah satu pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan teknologi dalam menulis aksara Bali yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP katolik Soverdi yang dipilih dengan teknik cluster sampling, dan objek penelitian adalah pembelajaran menulis aksara Bali, dan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian ini adalah (1) Tahapan pelaksanaan penelitian secara langsung di kelas mengenai menulis aksara Bali dengan aplikasi PaTik Bali yang terdiri dari tahapan pendahuluan, inti kegiatan, penutup pembelajaran. (2) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali mengalmi peningkatan dari nilai awal yang memiliki rerata 62,5 menjadi pada siklus I dengan hasil rerata siswa 73,06 dan siklus II hasil rerata siswa 82,59. (3) Hasil rerata pendapat siswa tentang pengguanaan aplikasi PaTik Bali dalam menulis aksara Bali juga mengalami peningkatan hingga 1,22. Aplikasi PaTik Bali efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali.

References

Abdullah, Walib. 2018. Model Blended learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran: FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/view/3169 (diakses pada tanggal 22 Oktober 2021).

Andriani, Ni Made Leli, dkk. 2021. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Pupuh Durma Menggunakan Aplikasi Keyman Pada Whatsapp: Jurnal Pendidikan Bahasa Bali, 8(2), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/35352 (diakses pada tanggal 12 April 2022).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalman, H. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo.

Dwiyogo, Wasis D. 2018. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaranaan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Rai, Ida Bagus. 2019. Kemampuan Nyurat Aksara Bali menggunakan Aplikasi Papan Ketik (PaTik) Bali pada Android: LOKABASA, 10(2), 142-148. https://ejournal.upi.edu/index.php/lokabasa/article/view/21356 (diakses pada tanggal 28 September 2021)

Sanjaya. H. Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pranadamedia group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suandi, I Negah. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)

Suwija, I Nyoman. 2014. Pasang Aksara Bali. Denpasar: Percetakan Pelawa Sari.

Tarigan. Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wedra, I Wayan. 2013. Buku Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yusuf, Bistari Basuni. 2017. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif: Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13-20. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jurnalkpk/article/view/25082/75676576424 (diakses pada tanggal 15 April 2022).

Yarmi, Gusti. 2017. Pembelajaran Menulis Di Sekolah Dasar: PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31(1), http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/2640/1998 (diakses pada tanggal 15 April 2022).

Downloads

Published

01-11-2022

Issue

Section

Articles