Penerapan Media Film Pendek Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bali Modern Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar

Authors

  • Putu Nita Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putra Manik Aryana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Gede Wisnu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i2.46756

Keywords:

media, film, menulis, puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan tentang: (1) Tata cara menggunakan film pendek “Guru” untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar, (2) Media film pendek “Guru” dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar, (3) Pendapat siswa terkait media pembelajaran film pendek “Guru” digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Tahapan pelaksanaan penelitian secara langsung di kelas mengenai penerapan media film pendek “Guru” untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar dalam menulis puisi Bali modern yang terdiri dari tahapan pendahuluan, inti, dan penutup pembelajaran, (2) Film pendek “Guru” dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar. Hasil rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran yaitu 70,48 nilai siswa kemudian meningkat 75,32 pada siklus 1, dan pada siklus 2 yaitu 86,61, (3) Siswa berpendapat baik mengenai penggunaan film pendek “Guru” sebagai media untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi Bali modern. Pada siklus I terdapat 10 (32%) orang siswa yang berpendapat sangat baik, dan sisanya 21 (68%) orang siswa berpendapat baik. Pada siklus II terdapat 22 (71%) orang siswa berpendapat sangat baik dan sisanya 9 (29%) orang siswa berpendapat baik belajar menulis puisi Bali modern menggunakan media pembelajaran film pendek “Guru”.

References

Achmad, Sri Wintala. 2015. Panduan Lengkap Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: Araska.

Arifiyanto, Fajar. 2015. Pengembangan Sarana Film Pendek Berbasis Kontekstual Untuk Kompetensi Menulis Naskah Drama Bagi Siswa Kelas XI SMA. http://lib.unnes.ac.id/21991/. Diakses pada tanggal 15 November 2021.

Arikunto dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. Sarana Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya

Damayanti, D. 2013. Buku Pintar Sastra Indonesia Pintar Puisi, Sajak, Syair, Pantun, dan Majas. Yogyakarta: Araska.

Daryanto. 2013. Sarana Pembelajaran: Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Sarana

_______. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-contohnya. Yogyakarta: Gava Media

Djamaludin, Ahdar miwah Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

Gunatama, Gede. 2010. Buku Ajar Puisi (Teori, Apresiasi, Pemaknaan, dan Pembelajaran). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni, Undiksha.

Halidjah, Siti. 2018. Evaluasi Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/367/0. Diakses pada tanggal 19 April 2021.

Mahnun, Nunu. 2012. Sarana Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Sarana Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Vol. 37, No. 1. Jurnal Pemikiran Islam.

Medera, I Nengah, dkk. 2007. Kasusastraan Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Muliawan, Jasa Ungguh. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Gava Sarana.

Rohmad, Zaini. 2017. Penerapan Media Film Pendek untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2017. https://media.neliti.com/media/publications/164937-ID-none.pdf. Diakses pada tanggal 29 April 2022.

Yanti, Nafri. 2018. Penguasaan Materi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume II, Nomor I. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/korpus/article/download/5559/2732. Diakses pada tanggal 29 April 2022

Downloads

Published

30-09-2021

Issue

Section

Articles