Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Basita Paribasa Menggunakan Aplikasi Educandy

Authors

  • Ida Ayu Putu Intan Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Made Ludy Paryatna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i2.46879

Keywords:

aplikasi, educandy, paribasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) tata cara menggunakan media aplikasi Educandy untuk meningkatkan keterampilan Basita Paribasa pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sawan, (2) aplikasi Educandy dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sawan dalam pembelajaran Basita Paribasa, (3) tanggapan siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sawan terhadap penggunaan media aplikasi Educandy dalam pembelajaran Basita Paribasa. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sawan. Objek penenlitian ini adalah pembelajaran Basita Paribasa menggunakan aplikasi Educandy. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, tes dan kuesioner. Metode analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini meliputi: (1) tata cara menggunakan media aplikasi Educandy di dalam pembelajaran Basita Paribasa pada siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sawan sesuai dengan RPP yang dibuat, (2) menggunakan aplikasi Educandy dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sawan dalam pembelajaran Basita Paribasa terdapat peningkatan nilai rata-rata, pada siklus I 68,51 dan pada siklus II 87,86, (3) tanggapan siswa terhadap aplikasi Educandy tergolong baik. Terdapat pengaruh yang baik dan signifikan setelah menggunakan aplikasi Educandy dalam pembelajaran Basita Paribasa.

References

Anggraini, R. H. 2019. “Mengembangkan Metode Inkuiri Melalui Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MI Hidayatul Abidin”. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. Volume 7, Nomor 2 (hlm. 162-165). (diakses pada tanggal 30 Juni 2021) http://eprints.umsida.ac.id/6346/

Arikunto, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi Cetakan ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

. 2019. Media Pembelajaran. Edisi Revisi Cetakan ke-21. Depok: Rajawali Pers. Batubara, Hamdan Husein. 2017. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Cetakan ke- 1.

Yogyakarta: Deepublish.

Erlina, Ni Putu Pande Mirah Sri. 2021. “Media Audio Visual Lagu Pop Bali Meningkatkan Kemampuan Paribasa Bali”. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha. Volume 8, Nomor 2 (hlm. 96-106). (diakses pada 30 Juni 2021). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbb.v8i2.35602.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Lestari, Sudarsri. 2018. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi”. Banyuwangi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Volume 2, Nomor 2 (hlm. 94-100). (diakses pada 2 Juli 2021). DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Mahnun, N. 2012. “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)”. Jurnal Pemikiran Islam An-Nida'. Volume 37, Nomor 1 (hlm. 27-34). (diakses pada 2 Juli 2021). DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.310.

Nuryadi, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). “Belajar dan Pembelajaran”. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu- Ilmu Keislaman. Volume 3, Nomor 2 (hlm. 333-352). (diakses pada 5 Agustus 2021). DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Simpen, W. AB., 2004. Basita Paribasa. Denpasar: Upada Sastra.

Suputra, I. G., Gunatama, I. G., & Rai, I. B. (2017). “Ngawigunayang Piranti Wayang Cenkblonk Pinaka Utsaha Nincapang Kawagedan Nyurat Lengkara Sane Madaging Basita Paribasa Sisia Kelas VII H SMP Negeri 1 Sukasada”. Singaraja: Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha. Volume 4, Nomor 1 (hlm. 41-51). (diakses pada 4 Juli 2021).DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpbb.v4i1.20715.

Tim Penyusun. 2005. Kasusastraan Bali. Denpasar: Dinas Kebudayaan Provinsi Bali.

Ulya, M. 2021. “Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 10, Nomor 1 (hlm. 55-63). (diakses pada 3 Juli 2021). DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089.

Vitianngsih, Anik Vega. 2016. “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Inform. Volume 1, Nomor 1 (hlm. 25-32). (diakses tanggal 2 Juli 2021). http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/75.

Downloads

Published

29-05-2024