Meningkatkan Kemampuan Paribasa Bali Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa SMA Negeri 2 Tabanan

Authors

  • Ni Made Ayu Sutrisna Wati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Sukma Wirani
  • Ida Bagus Made Ludy Paryatna

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i2.46883

Keywords:

model, pembelajaran, problem , pasibasa, bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas: (1) Tata cara meningkatkan kemampuan paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan. (2) Model Problem Based Learning (PBL) bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan paribasa Bali siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan. (3) Pendapat siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan tentang model Problem Based Learning (PBL) yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan paribasa Bali. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Tabanan. Objek pada penelitian ini adalah pembelajaran paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan objek yang menunjukkan produk adalah kemampuan siswa dalam paribasa Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes kemampuan siswa, dan kuesioner. Hasil penelitian meliputi: Penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kemampuan test siswa meningkat, pada nilai awal paribasa Bali sebelum menggunakan model Problem Based Learning adalah 61,05 atau 8,33% yang tuntas. Setelah menjalankan siklus I, yang didapatkan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) adalah 73,19 atau 38,8%, dalam siklus I ini, siswa belum dikatakan tuntas. Kemudian dilanjutkan dengan siklus II dengan mendapatkan perolehan 87,69 atau 100% tuntas. Peningkatan juga terjadi pada pendapat siswa di pembelajaran paribasa Bali menggunakan model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan sebanyak 4,73%. Model Problem Based Learning (PBL) berdasarkan hasil literature review memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan dan minat belajar peserta didik.

Kata kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Paribasa Bali

References

Abdurrozak, Rizal. dkk. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Sumedang-Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1, No. 1

https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3580 (diakses pada tanggal 11 April 2022)

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta

---------------. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Assegaff, Asrani. dkk. 2016. Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PBL). Bandung-Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1, No. 1

https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3263/2316 (diakses pada tanggal 19 April 2022)

Esema, David. Susari, Susari. Kurniawan, Daniel. 2012. Problem-Based Learning. Jawa Tengah-Satya Widya

https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/133 (diakses pada tanggal 21 april 2022)

Lahir, Sri. Dkk. 2017. Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jawa Tengah-Edunomika Vol. 01, No. 01 https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/194 (Diakses pada tanggal 14 April 2022)

Mulia, Dini Siswani; Suwarno. 2016. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Purwokerto-Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. IX, No. 2

http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062 (diakses pada tanggal 27 April 2022)

Meilasari, Selvi. dkk. 2020. Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jambi-Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. Vol. 3, No. 2 https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/1849 (diakses pada tanggal 20 April 2022)

Downloads

Published

29-05-2024