TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM KARYA SASTRA GEGURITAN KI PATIH GANJIRA

Authors

  • kadek agus universitas pendidikan ganesha
  • I Ketut Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i2.59186

Keywords:

tokoh, penokohan, geguritan, tembang

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tokoh dalam karya sastra geguritan Ki Patih Ganjira. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa geguritan Ki Patih Ganjira. Pada objek penelitian ini adalah tokoh dalam karya sastra geguritan Ki Patih Ganjira. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik baca, teknik catat dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kartu data. Analisis data dilakukan berupa memilih data, menyajikan data, menyimpulkan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa peran tokoh dalam karya sastra geguritan Ki Patih Ganjira terdiri dari peran tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama dalam karya sastra geguritan tersebut adalah Ki Patih Ganjira dan Wangkas Putri. Tokoh tambahannya adalah Ayah Ki Patih Ganjira, Prabu Jaya, Patih Agung, Patih Anom, Anak Lingsir (Ratu Bhagawan), Ni Luh Sari, Ibunya Wangkas Putri, Menail, Mahayudha Putra Agung, Ibu Ki Patih Ganjira, Ratu Wakya dan Dangdang Kiceng.

Kata Kunci: Tokoh, Karya Sastra, Geguritan

References

Agastia, IBG. 1994, Kasusastraan Hindu Indonesia (Sebuah Pengantar). Denpasar: Yayasan Dharma Sastra.

Budha Gautama Wayan, 2007. Kasusastraan Bali Cakepan Panuntun Mlajahin Kasusastraan Bali. Surabaya: Paramita.

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. 2007. Kasusastraan Bali. Denpasar.

Kemal, Isthifa. 2014. Analisis Tokoh dan Penokohan Dalam Hikayat Muda Balia Karya Teuku Abdullah dan M. Nasir. Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, STKIP Bina Bangsa Getsempena. ISSN 2338-0306 Volume II Nomor 2. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/112. (diakses pada tanggal 9 Mei 2023).

Magdalena, D. S., Hudiyono, Y., & Purwanti. (2021). Tokoh dan Penokohan Dalam Novel Diary Sang Model Karya Novanka Raja. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. e-ISSN 2549-7715 | Volume 5 | Nomor 1 | Januari 2021 | Hal: 136-151 Terakreditasi Sinta 4. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/3173. (diakses pada tanggal 9 Mei 2023).

Nofitasari. 2018. Pembedaan Tokoh Dalam Karya Sastra. Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia. https://osf.io/preprints/inarxiv/eb65c/download. diakses pada tanggal 9 Mei 2023).

Suardika I Wayan, 2017. Geguritan Ki Patih Ganjira. Nusa Penida: CV. Nusa Dewata.

Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Grasindo.

Downloads

Published

11-12-2023