MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL BERBAHASA BALI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING

Authors

  • Ni Wayan Dewinta Tirta Sintyawati Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putra Manik Aryana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i1.59403

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaplikasian model Blended Learning dalam pembelajaran Artikel Berbahasa Bali, memaparkan bagaimana guru lebih mudah mengajar karena dengan menggunakan model ini dapat membantu para siswa yang mengalami kesulitan belajar seperti kurang bersemangat, berhalangan hadir ke sekolah, bahkan ketika siswa tersebut disibukkan dengan kegiatan praktikum. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga D SMKN 1 Singaraja tahun 2022/2023 yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini tiada lain adalah pembelajaran artikel berbahasa Bali yang menggunakan model Blended Learning. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, tes dan juga kuisioner. Adapun analisis data yang dipergunakan adalan deskriptif kualitatif serta deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil bahwasanya pengaplikasian model Blended Learning dalam pembelajaran artikel berbahasa Bali telah dilaksanakan dengan sistematis, kreatif dan juga inovatif. Hasil kedua yang didapatkan adalah fakta bahwa melalui penggunaan model Blended Learning pada pembelajaran mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis, terutama menulis artikel menggunakan bahasa Bali. Hasil terakhir yang didapatkan adalah keterangan bahwa siswa memberikan pendapat atau respon yang baik terhadap jalannya pembelajaran selama menggunakan model Blended Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model Blended Learning ini memiliki dampak yang begitu positif bagi kelangsungan pembelajaran, karena mampu membantu siswa dalam menulis artikel berbahasa Bali secara efektif dan efisien, sebagai poin plusnya siswa juga mampu meraih nilai sesuai dengan yang diharapkan.

 

Kata kunci : Blended Learning, menulis, artikel berbahasa Bali

References

Arga, Hardhika Nur; Nugraha, Ariadie Chandra; Sudira, Putu; Daryono, Rihab Wit. 2022. The Effectiveness of Blended Learning Combined the Team Game Tournament on the Learning Outcomes of Electrical Engineering Students. Yogyakarta. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i2.41572 (Jurnal Pendidikan Indonesia Volume 11 Number 2). Diakses pada 23 Oktober 2022

Arikunto, dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara : Jakarta

Jayadiningrat, Made Gautama; Widiani, Ni Komang. 2021. Positive Impact of Balinese Folktale Literacy Learning on Student’s Social Attitudes and reading Ability. Denpasar : Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.32424 (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Volume 54 Nomor 1). Diakses pada 23 Oktober 2022

Junaedi, Fajar. 2015. Menulis Kreatif Panduan Penulisan Ilmiah. Prenamedia Group : Jakarta

Lalian, Oktovianus Nau; Siregar, Eveline; Winarsih, Murni. 2020. Blended Learning for Chassis Maintenance and Light Vehicle Power Transfer Subject. Jakarta. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jpp.v53i2.25122 (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Volume 53-2). Diakses pada 23 Oktober 2022

Mertha Jaya, I Made Laut. 2021. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Teori, Penerapan dan Riset Nyata. Quadrant : Yogyakarta

Prihandoko, Lastika Ary. 2022. Schoology-based Blanded Learning in Academic Writing Class during the Covid-19 Pandemic. Merauke. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v11i1.33739 (Jurnal Pendidikan Indonesia Volume 11 Number 1). Diakses pada 23 Oktober 2022

Segara, Nuansa Bayu; Suprijono, Agus; Setyawan, Katon Galih. 2021. The Influence of E-Learning towards Student’s Heutagogy Skills in Higher Education. Surabaya. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.33128 (Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Volume 54 Nomor 2). Diakses pada 23 Oktober 2022

Suciati, Dian Indah. 2021. Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Diakses pada 24 Oktober 2022

Suma, K.; Suwindra, I.N.P.; Sujanem, Rai. 2020. The Effectiveness of Blended Learning in Increasing Prospective Physics Teacher Students’ Learning Motivation and Problem-Solving Ability. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21947 (Jurnal Pendidikan Indonesia Volume 9 Nomor 3). Diakses pada 23 Oktober 2022

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Percetakan Angkasa Bandung : Bandung

Utama, Syatrya dan Listianingsih, Windi. 2019. Panduan Praktis Menulis Artikel. Prenamedia Group : Jakarta

Downloads

Published

11-12-2023