MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA BALI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VISUAL BERUPA MIND MAPPING

Authors

  • Ni Kadek Ayu Dewi Ratni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Rai Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i1.62412

Keywords:

mind mapping, menulis, aksara, problem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tata cara meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping pada sisiwa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida, 2) mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida, dan 3) pendapat sisiwa mengenai meningkatkan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida dan objek penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, tes, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) tata cara guru meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping sesuai dengan perencanaan, yang terdiri dari pembuka, inti, dan penutup pembelajaran, (2) model problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali, terdapat peningkatan skor rata-rata siswa pada siklus I 73,28, siklus II 84,62, dan (3) pendapat sisiwa mengenai meningkatkan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping, pada siklus I skor pendapat siswa yang berkategori baik, pada siklus II skor pendapat siswa berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan terdapat pengaruh yang baik ketika menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media visual berupa mind mapping pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida.

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. cetakan ke-15. Jakarta: Rajawalli Pers. Jones, Christophe. 1969. Design Methods.

Arikunto, S. S. (n.d.). Supardi. 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara Bk 2009. Belajar Dengan Lilin Plastisin. Tersedia pada https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+penelitian+tindakan+kelas+arikunto++&btnG=#d=gs_qabs&t=1687832203962&u=%23p%3DhJ93S_ZDFpAJ diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

DEWI, P. S. R. I. U., Sadia, I. W., Suma, K., & others. (2014). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika melalui pengendalian bakat numerik siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1). Tersedia pada https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1060 diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

Jatmika, H. M., Hariono, A., Purwanto, J., & Setiawan, C. (2017). Analisis kebutuhan guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pasca program guru pembelajar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(1), 1–11. Tersedia pada http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1508958&val=468&title=Analisis%20kebutuhan%20guru%20pendidikan%20jasmani%20olahraga%20dan%20kesehatan%20pasca%20program%20guru%20pembelajar diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

Muliani, N. M., & Muniksu, I. M. S. (2020). Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 Tentang Pelindungan Dan Penggunaan Bahasa, Aksara, Dan Sastra Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa Dan Sastra, 10(1), 36–41. Tersedia pada http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/kalangwan/article/view/1600 diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

MS Hanafy. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Tabiyah. Lentera Pendidikan, 17 (1), 66-79. Tersedia pada https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/516 diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). Tersedia pada https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2540 diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

Sutikno, S. (2014). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Edukasi Unej, 1(1), 5–9. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/28165 diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1–19. Tersedia pada https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf diakses pada tanggal 27 Juni 2023.

Downloads

Published

11-12-2023