MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARIBASA BALI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHEVEMENT DIVISION)

Authors

  • Nelly Tri Astari Ni Komang Mahasiswa
  • Gede Wisnu I Wayan
  • Sukma Wirani Ida Ayu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i1.62530

Keywords:

model, kooperatif, paribasa, bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan  keterampilan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura. Objek dari penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuisioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskritif kualitatif dan deskritif kuantitatif. Pada penelitian ini hasil yang di peroleh adalah, 1) bentuk pembelajaran di dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura, 2) peningkatan pembelajaran menggunakn model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran paribasa Bali kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura, 3) pendapat siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran paribasa Bali dikelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura. Pada pelaksaan siklus I rata-rata yang diperoleh adalah 73,02 kemudaian pada siklus II memperoleh rata-rata 82,94. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali dikelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura.

References

AB, W. S. 2010. Basita Parihasa. Denpasar: Upada Sastra. Retrieved 11 Selasa, 2022

Ananda, R. 2017. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, Volume 1 Nomor 1, 21-30. Retrieved 11 10, 2022

Arikunto, S. 2019: 1. Peneitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

dkk, N. 2021. Media Audio Visual Kanggen Nincapang Kawagedan Paribasa bali antuk. Pendidikan Bahasa Bali.

Dr. Shilphy A. Octavia, M. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogjakarta: Deepublish.

Hamid, M. A., Rahmadani, R., Masurl, Juliana, Safitri, M., Munsarif , M. Simarmata, J. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. Retrieved 11 10, 2022

Iswara Pramidana, I. D., Purnami, I. P., & Manik Aryana, I. P. 2022. Media Audio Visual Kanggen Nincapang Kawagedan Maparibasa Bali Antuk Video Lawak Bali Sisia kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sukawati. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali.

Joycer, Weil , & Calhoun . (2009). Model-Model Pembelajaran. Seri Manajemen Sekolah Bermutu .

Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,78-79. from https://core.ac.uk/download/pdf/234028526.pdf Retrieved Mei 22, 2023,

Nur Rokhanah, Widowati, A., & Sutanto, E. H. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 3173 - 3180, Vol 3, No 5, 3-4. from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/860, Retrieved November 18, 2022,

Sugiyono, P. D. 2013:2. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Retrieved 11 Selasa, 2022

Sutrisna Wati, N. A., & dkk. 2022. Panglaksana Model PBL (Problem Based Learning) Kaanggen Nincapang. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali.

Wijaya , H., & Arismunandar. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray.

Wulandari, I. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievemnt Division) dalam pembelajaran MI. Jurnal Papeda, Vol 4, No 1, 22. Retrieved Mei 18, 2023, from https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1754

Downloads

Published

11-12-2023