ANALISIS PEMETAAN BLOK AKSARA BALI DALAM NAMA SISWA SMA NEGERI 1 SUKASADA

Authors

  • Luh Putu Ayu Widiasih
  • I Ketut Paramarta
  • I Wayan Gede Wisnu

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v10i1.62857

Keywords:

pemetaan, blok, aksara, simbol

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pemetaan blok aksara Bali dari kata penyusun nama lengkap siswa SMA Negeri 1 Sukasada. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni teori mengenai sistem tulis abugida serta teori pasang aksara Bali. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan siswa SMA Negeri 1 Sukasada sebagai subjek penelitianya serta pemetaan blok aksara Bali sebagai objek penelitianya. Pada penelitian ini terdapat 132 kata penyusun nama lengkap siswa yang dianalisis pemetaan blok aksara Balinya. Analisis pemetaan blok aksara Bali pada penelitian ini dilakukan dengan dua tahap yakni yang pertama dengan menganalisis jumlah blok penyusun nama siswa serta yang kedua dengan menganalisis blok simbol yang menyusun nama-nama tersebut. Hasil dari analisis pemetaan blok aksara Bali pada penelitian ini yakni 1) terdapat 62 nama siswa dari 132 tottal keseluruhan yang disusun oleh 2 blok aksara karena nama siswa dominan dibangun oleh dua silabel atau dua suku kata, 2) blok simbol yang paling banyak ditemukan dalam nama siswa yakni blok simbol CV (konsonan vokal) karena blok simbol ini melambangkan semua bentuk aksara yang diiringi dengan pengangge suara.

Kata kunci: Pemetaan, Blok aksara, Blok simbol

References

Coulmas, F. 1999. The Blackwell encyclopedia of writing systems. Malden, MA: Blackwell Publishing.

Daniels, Peter T. 2001. “Writing system. In Mark Aronoff & Janie Rees-Miller (eds.), The handbook of linguistics.” 43-80. Oxford: Blackwell.

Gelb, Ignace J. 1969 [1952]. A Study of Writing, Rev. edn. (3rd impr). Chicago: University of Chicago Press.

Gnanadesikan, Amalia E. 2017. “Toward a typology of phonemic scripts.” Writing Systems Research 9(1) 14-35. DOI: 10.1080/17586801.2017.1308239.

Joyce, Terry and Dimitrios Meletis. 2021. “Alternative criteria for writing system typology.” Zeitschrift für Sprachwissenschaf 40(3) 257–277.

Nag, Sonali. 2013. “Akshara-phonology mappings: The common yet uncommon case of the consonant cluster.” Writing Systems Research 105-119.

Pae, HK and Min Wang. 2022. “The efects of writing systems and scripts on cognition and beyond: An introduction.” Reading and Writing 1315-1321.

Paramarta, I K. 2021. “Pelatihan dan Pendampingan Pemetaan Aksara Bali ke Huruf Latin di SDN 2 Kalibukbuk .” Proceeding Senadimas Undiksha 762.

Pramita, Intan. 2022. “Seseleh Wangun Blok Aksara Bali miwah Wangun Dasar Sajeroning Lema Kamus Maaksara Bali-Latin.” Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha.

Protopapas, Athanassios and Vlahou. 2009. “A comparative quantitative analysis of Greek orthographic transparency.” Orthographic Transparency in Greek 991-1008.

Riawati, Kadek Sukreni. 2021. “Kemampuan Memetakan Bentuk Aksara Bali ke Huruf Latin Siswa Kelas 4 dan 5 SD Negeri 2 Kalibukbuk.” Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha 17-19.

Salma. 2021. Pengertian Subjek Penelitian: Ciri, Fungsi dan Contohnya. https://penerbitdeepublish.com/subjek-penelitian/.

Sampson, Geoffrey. 2015 [1985]. Writing Systems : A linguistic introduction, 2nd edn. Sheffield: Equinox.

Share, D.L. 2021. “ Is the science of reading just the science of reading English?” Reading Research Quarerly.

Simpen, AB. 2004. “Pasang Aksara Bali.” 1-2. Denpasar: Upada Sastra.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, cv.

Suwija, I Nyoman. 2014. “Pasang Aksara Bali.” 12-25. Denpasar: Pelawa Sari.

Downloads

Published

11-12-2023