Meningkatkan Kemampuan Menulis Pupuh Sinom Dengan Metode Copy The Master Pada Siswa Sma N 1 Pekutatan

Authors

  • Ni Kadek Ayu Kembariyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Made Ludy Paryatna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Putu Purnami Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i1.67614

Keywords:

tembang, metode, pembelajaran, menulis, copy the master

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang (1) Penelitian dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan Metode Copy The Master dalam meningkatkan kemampuan dalam menulis Pupuh Sinom bagi siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Pekutatan. (2) Metode Copy The Master dapat digunakan untuk mempelajari dan menulis Pupuh Sinom bagi siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Pekutatan. (3) Data siswa dalam penggunaan Metode Copy The Master dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis Pupuh Sinom pada siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Pekutatan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data menggunakan tes praktik dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Pekutatan, yang objek penelitian adalah metode mengajar Copy The Master dalam menulis Pupuh Sinom. Temuan dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran Inovatif. 2) Pembelajaran yang kreatif. 3) Didapatkan rangkaian pembelajaran yang sistematis. Penelitian ini memiliki implikasi yang dapat digunakan dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran.

References

Anggreningsih, K. S. (2021). Nincapang Kawagedan Ngwacen Teks Ugrawakya Antuk Metode Copy the Master Sisia Kelas Sks Smp Negeri 1 Singaraja. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6739

Anggreningsih, K. S., Paramarta, I. K., & Rai, I. B. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Pembawa Acara Dengan Metode Copy The Master Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 8(2), 84–95. https://doi.org/10.23887/jpbb.v8i2.35358

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, dan Penilai. Penelitian Tindakan Kelas., 13. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23956527/

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172). http://r2kn.litbang.kemkes.go.id:8080/handle/123456789/62880

Ginada, P., Ngaden, E., Bisa, A., Bentuk, K., Nilai, D., Komunikasi, E., & Handayani, P. D. (2020). Pupuh Ginada Eda Ngaden Awak Bisa Kajian Bentuk, Fungsi, Makna, Dan Nilai Etika Komunikasi. 2, 31–41.

Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). Media Pembelajaran Inovatif.

Indriyani, V., & Ningsih, A. G. (2023). The Effect of Copy The Master with Copy The Master Method on the Skills of Writing Lesson Plans. 4(2), 271–279. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i2.643

Kesuma, I. G. N., Simpen, I. W., & Satyawati, M. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Berbahasa Bali Melalui Media Pembelajaran Film Pendek. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 52. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v8i1.21354

Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857

Maru’ao, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Ilmu Pendidikan, 14(April), 221–230. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v14i2.622

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Putri, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Menggunakan Teknik Copy The Master Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Rokania. Jurnal Pendidikan Karakter, II(1), 30–47. https://stkiprokania.ac.id/e-jurnal/index.php/jpr/article/download/51/17

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Wendra, I Wayan. 2013. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wicaksono, H. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI. 2009, 1–23.

Widiantari, I. A. P., Rai, I. B., & Wirani, I. A. S. (2019). Ngawigunayang Aplikasi Patik Bali Anggen Nincapang Kawagedan Nyurat Pupuh Durma Antuk Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (Tps) Sisia Kelas Xi Bdpm C Smk Negeri 1 Singaraja Warsa 2018/2019. Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha, 6(1), 52. https://doi.org/10.23887/jpbb.v6i1.20236

Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158

Downloads

Published

05-07-2024