TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA BUTIR SOAL SUMATIF BAHASA BALI KELAS X SMA NEGERI 1 MENGWI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i2.75697Keywords:
tingkat kesukaran, daya beda, soal, tes sumatifAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang butir soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA Negeri 1 Mengwi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA Negeri 1 Mengwi berdasarkan tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskiptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Mengwi dan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XA dan XD yang dipilih dengan teknik random sampling menggunakan spiner online. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan kunci jawaban, soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X, dan lembar jawaban siswa kelas XA dan XD. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA Negeri 1 Mengwi memiliki kategori tingkat kesukaran soal yang sedang dan mudah. Soal paket A termasuk kategori sedang karena 50% soal memiliki kategori sedang. Soal paket B termasuk kategori mudah karena 56% soal memiliki kategori mudah. 2) soal sumatif akhir tahun pelajaran bahasa Bali kelas X tahun 2022/2023 di SMA negeri 1 Mengwi memiliki kategori daya beda soal yang cukup dan baik. Soal paket A memiliki persentase 46% dengan kategori cukup dan soal paket B memiliki persentase 46% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka perlu diperhatikan proporsi ideal tingkat kesukaran soal.
Kata kunci: tingkat kesukaran, daya beda, soal, tes sumatif
References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi PembelajaranPrinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi AksaraArikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dela Novita. (2022). AnalisisTingkat Kesukaran Soal dan Daya Beda Soal Buatan GuruMata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan di SMK Negeri 1 Aceh Barat Daya [Skripsi (tidak diterbitkan)]. Universitas Islam Negeri Ar-Rainiy Darussalam.
Misda, S. (2023). Analisis Butir Soal Literasi Membaca pada Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Dan Daerah, Vol. 13. No. 2. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7589
Munir, A., Sappaile, P., & Sasmita, J. (2021). Analisis Butir Soal Tes Buatan Guru Berdasarkan Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Soal Biologi. Gema Pendidikan, Vol. 28. No. 2. http://dx.doi.org/10.36709/gapend.v28i2.20036
Nadhifa, A. A., & Firdaus, E. F. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Sekolah Matematika Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMA An-Nuriyyah Bumiayu Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Dialektika P. Matematika, Vol. 10. No. 1. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1393
Natar, K. (2011). Panduan Analisis Butir Soal. Lampung: UNILA Press.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (Pertama). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Peraturan Pemerintah. (2005). Peraturan Pemerintah, Nomor 19, Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/PP_tahun2005_nomor19%20(Standar%20Nasional%20Pendidikan).pdf (Diakses pada 03 Juli 2023)
Rahmayanti, E., Jamil, T., & Jaya, A. S. F. (2020). Analisis Tingkat Kesukaran Soal Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Baitussalam Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Vol. 2. No. 1. https://doi.org/10.24815/jimpe.v2i1.17061
Rauf, H. dan D. (2018, October). Membuat Soal yang Baik. Https://Haedarrauf.Wordpress.Com/2018/10/27/Membuat-Soal-Yang-Baik/ (Diakses Pada 17 Oktober 2023).
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.