NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN NGAROT PADA PESTA KESENIAN BALI TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbb.v11i2.76445Keywords:
kebudayaan, permainan tradisional, nilai pendidikan karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan, untuk menjelaskan serta menunjukkan temuan nilai pendidikan karakter yang ada pada permainan tradisional yakni permainan Ngarot. Permainan ngarot merupakan permainan tradisional garapan baru asal Buleleng, Bali. Dalam bahasa daerah khususnya daerah Buleleng Timur, ngarot memiliki artian jaring. Permainan Ngarot tersebut terinspirasi dari kisah keseharian para nelayan di Buleleng dalam mencari ikan menggunakan jaring. Permainan Ngarot ini menjadi garapan permainan tradisional (dolanan) duta Kabupaten Buleleng, yang dipentaskan dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2023. Penelitian ini juga ingin membuktikan bahwa pengajaran tentang pembentukan karakter anak tidak hanya bisa didapat dari pembelajaran formal saja, namun dapat diperoleh juga dari permainan tradisional. Pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah permainan Ngarot. Objek pada penelitian ini berfokus pada nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam permainan Ngarot. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini, dikumpulkan dengan metode dokumentasi serta wawancara. Instrumen yang digunakan untuk dapat mengumpulkan data penelitian ada dua. Instrumen yang pertama berupa kartu data untuk menunjang proses reduksi data dokumentasi dan instrumen yang kedua yakni draft lembar pertanyaan untuk menunjang pelaksanaan metode wawancara. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, dimulai dari (1) reduksi data, (2) klasifikasi data dan (3) deskripsi data. Ditemukan 9 nilai pendidikan karakter yang ada dalam permainan Ngarot. Kesembilan nilai pendidikan karakter dalam permainan Ngarot tersebut diantaranya, nilai kejujuran, nilai demokrasi, nilai rasa ingin tahu, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai persahabatan, nilai cinta damai, nilai kepedulian sosial, dan nilai tanggung jawab.
Kata kunci: Kebudayaan, Permainan Tradisional, Nilai Pendidikan Karakter.
References
Anonim. “Bukan Korsel, Kasus Bullying Terbanyak Justru di Filipina dan Indonesia (kumparaNews)”. Tersedia pada https://kumparan.com/kumparannews/bukan-korsel- kasus-bullying-terbanyak-justru-di-filipina-dan-indonesia-202M2nZq7mD/full (diakses tanggal 06 Desember 2023)
Arsana, D. G. (2016). Tranformasi Budaya Dalam Permainan Tradisional Menuju Game. Media Komunikasi FPIPS, 41-45.
Aswati, Hajar dkk. 2021. Kajian Folklor Dan Nilai Edukasi Pada Permainan Tradisional Masyarakat Melayu Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa 10 (3), diakses pada 5 Januari 2024 tersedia pada link https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/45853
Gautama, W.B. (2007). Kasusatraan Bali Cakepan Penuntun Mlajah Kasusastraan Bali. Surabaya: Paramita Surabaya.
Mahayanti,Ni Kadek Dwi.(2021).Nilai-Nilai Pendidikan Dalam GendingRare. PENSI, 5-7. Murniti, N.W.(2019). Nilai Pendidikan Relegi Dalam Sekar Rare. Widyacarya, 57-62. Suartaya, K. (n.d.). Peluang Gamelan Gong Kebyar Di Tengah Tantangan Zaman, 42-44.
Sulastri. (2021, July 31). Pelestarian Budaya di Era Digital. From Digitalbisa: https://digitalbisa.id/artikel/pelestarian-budaya-di-era-digital-IVfVl
Sutika, I. K. (2014, June 21). "Dolanan" Masuki Dunia Seni Pertunjukan. From Antara News: https://bali.antaranews.com/berita/54637/dolanan-masuki-dunia- seni-pertunjukan
............ (2014, July 8). Dolanan Bali Kandung Unsur Pendidikan. From Antara Bali:https://bali.antaranews.com/berita/55425/dolanan-bali-kandung-unsur- pendidikan
Tristaningrat, M. A. (2018). Mengintegrasikan Permainan Tradisional Bali(Dolanan) Pada Pendidikan Anak Sd Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak. Purwadita, 45- 49.
Wiasti, N. K. (2021). Sekar Rare Sebagai Media Pembelajaran Nilai. KUMAROTTAMA, 42-47.
Widiastuti, N. M. (2021). Kajian Permainan Tradisional Bali Untuk Membantu Pembentukan Karakter dan Keterampilan Sosial Anak. Segara Widya, 1-3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.