https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/issue/feed Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha 2023-12-11T14:54:18+00:00 Ida Ayu Sukma Wirani sukma.wirani@undiksha.ac.id Open Journal Systems <div id="journalDescription-61" class="journalDescription"><hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JPBB</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>JPBB Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Two issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix <a href="https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i1">10.23887/jpbb.v9i1</a></strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2614-1914" target="_blank" rel="noopener">2614-1914</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2599-2627" target="_blank" rel="noopener">2599-2627</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6023316" target="_blank" rel="noopener">Ida Ayu Sukma Wirani</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>Faculty of Languages and Arts - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha (JPBB) </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) . Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran tentang pendidikan bahasa Bali. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bagi masyarakat akademik. Mulai terbitan selanjutnya artikel pada jurnal akan menggunakan bahasa Indonesia. <span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="id" data-language-to-translate-into="en" data-phrase-index="8" data-number-of-phrases="9"><span class="Q4iAWc">Untuk pengiriman artikel baru, silakan <a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/submission/wizard" target="_blank" rel="noopener">klik di sini</a></span></span></p> <p><span id="result_box" lang="en"><strong>p-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1512012186" target="_blank" rel="noopener">2614-1914</a> (cetak) dan e-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1511514754" target="_blank" rel="noopener">2599-2627</a> (online)<br /></strong></span></p> </div> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/58240 ANALISIS SILABEL FONOLOGIS DALAM KAMUS AKSARA BALI-LATIN 2023-05-23T06:13:50+00:00 Ida Bagus Mas Abdi Putra bagus.mas@undiksha.ac.id I K. Paramarta I K. Paramarta ketut.paramarta@undiksha.ac.id Ida Bagus Putra Manik Aryana manik.aryana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini mengkaji tentang keberadaan <em>Silabel Fonologis</em> dalam Kamus Aksara Bali-Latin. Menelaah fungsi <em>Silabel Fonologis</em> dalam membaca Aksara Bali di Kamus Aksara Bali-Latin. Pembahasan dalam penelitian ini seperti, bagaimana keberadaan konsep Silabel Fonologis dalam Kamus-Aksara Bali Latin? Bagaimana <em>Silabel Fonologis</em> berfungsi sebagai alat membaca aksara Bali berdasarkan suku kata aksara Bali? Menggunakan metode kualitatif sebagai metode acuan dalam menyelesaikan penelitian ini. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan baca tulis sesuai tahap dan proses pengerjaan penelitian. Metode observasi digunakan untuk mengetahui suku kata aksara Bali dalam Kamus Aksara Bali-Latin berdasarkan konsep <em>Silabel Fonologis</em>, metode dokumentasi diterapkan untuk mengumpulkan data berupa gambar dan tabel suku kata <em>Silabel Fonologis</em> guna mempermudah dalam memilah suku kata Bali yang akan diuji, serta metode baca tulis sebagai metode pengumpulan data untuk mencatat dan merumuskan pola suku kata aksara Bali sesuai dengan konsep <em>Silabel Fonologis</em>. Subjek penelitian ini adalah Kamus ber-Aksara Bali-Latin yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan Bali. Secara kualitatif, hasil dalam penelitian ini ditampilkan berupa kajian aturan dasar dalam sistem tulis aksara Bali diikuti dengan suku kata aksara Bali Konsonan-Vokal dalam konsep <em>Silabel Fonologis</em>. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penerapan konsep Silabel Fonologis aksara Bali dalam membaca aksara Bali yang relevan berdasarkan acuan membaca dan menulis aksara Bali. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan pedoman dalam membaca, menulis, dan alih aksara Bali ke dalam aksara Latin dengan konsep dan teori yang memadai.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/59403 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL BERBAHASA BALI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING 2023-05-29T15:58:16+00:00 Ni Wayan Dewinta Tirta Sintyawati dewinta@undiksha.ac.id Ida Ayu Putu Purnami putu.purnami@undiksha.ac.id Ida Bagus Putra Manik Aryana manik.aryana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaplikasian model <em>Blended Learning</em> dalam pembelajaran Artikel Berbahasa Bali, memaparkan bagaimana guru lebih mudah mengajar karena dengan menggunakan model ini dapat membantu para siswa yang mengalami kesulitan belajar seperti kurang bersemangat, berhalangan hadir ke sekolah, bahkan ketika siswa tersebut disibukkan dengan kegiatan praktikum. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga D SMKN 1 Singaraja tahun 2022/2023 yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian ini tiada lain adalah pembelajaran artikel berbahasa Bali yang menggunakan model <em>Blended Learning</em>. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yakni observasi, tes dan juga kuisioner. Adapun analisis data yang dipergunakan adalan deskriptif kualitatif serta deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, didapatkan hasil bahwasanya pengaplikasian model <em>Blended Learning</em> dalam pembelajaran artikel berbahasa Bali telah dilaksanakan dengan sistematis, kreatif dan juga inovatif. Hasil kedua yang didapatkan adalah fakta bahwa melalui penggunaan model <em>Blended Learning</em> pada pembelajaran mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis, terutama menulis artikel menggunakan bahasa Bali. Hasil terakhir yang didapatkan adalah keterangan bahwa siswa memberikan pendapat atau respon yang baik terhadap jalannya pembelajaran selama menggunakan model <em>Blended Learning</em>. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan model <em>Blended Learning</em> ini memiliki dampak yang begitu positif bagi kelangsungan pembelajaran, karena mampu membantu siswa dalam menulis artikel berbahasa Bali secara efektif dan efisien, sebagai poin plusnya siswa juga mampu meraih nilai sesuai dengan yang diharapkan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci : <em>Blended Learning</em>, menulis, artikel berbahasa Bali</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/62530 MENINGKATKAN KETERAMPILAN PARIBASA BALI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHEVEMENT DIVISION) 2023-06-05T00:54:12+00:00 Nelly Tri Astari Ni Komang nelly@undiksha.ac.id Gede Wisnu I Wayan gede.wisnu@undiksha.ac.id Sukma Wirani Ida Ayu sukma.wirani@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura. Objek dari penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuisioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskritif kualitatif dan deskritif kuantitatif. Pada penelitian ini hasil yang di peroleh adalah, 1) bentuk pembelajaran di dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan paribasa Bali siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura, 2) peningkatan pembelajaran menggunakn model kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran paribasa Bali kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura, 3) pendapat siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran paribasa Bali dikelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura. Pada pelaksaan siklus I rata-rata yang diperoleh adalah 73,02 kemudaian pada siklus II memperoleh rata-rata 82,94. Oleh karena itu dapat disimpulkan jika penggunaan model kooperatif tipe STAD dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran paribasa Bali dikelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Semarapura.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/59186 TOKOH DAN PENOKOHAN DALAM KARYA SASTRA GEGURITAN KI PATIH GANJIRA 2023-03-07T02:17:46+00:00 kadek agus agussujiwo3915@gmail.com I Ketut Paramarta ketut.paramarta@undiksha.ac.id Ida Ayu Putu Purnami putu.purnami@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini mendeskripsikan tokoh dalam karya sastra geguritan Ki Patih Ganjira. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa geguritan Ki Patih Ganjira. Pada objek penelitian ini adalah tokoh dalam karya sastra geguritan Ki Patih Ganjira. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik baca, teknik catat dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa kartu data. Analisis data dilakukan berupa memilih data, menyajikan data, menyimpulkan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa peran tokoh dalam karya sastra geguritan Ki Patih Ganjira terdiri dari peran tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama dalam karya sastra geguritan tersebut adalah Ki Patih Ganjira dan Wangkas Putri. Tokoh tambahannya adalah Ayah Ki Patih Ganjira, Prabu Jaya, Patih Agung, Patih Anom, Anak Lingsir (Ratu Bhagawan), Ni Luh Sari, Ibunya Wangkas Putri, Menail, Mahayudha Putra Agung, Ibu Ki Patih Ganjira, Ratu Wakya dan Dangdang Kiceng.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Tokoh, Karya Sastra, <em>Geguritan</em></p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/62531 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA BALI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) 2023-06-05T01:02:00+00:00 Mei Resmianti Nyoman mei.resmianti@undiksha.ac.id Sukma.Wirani Ida Ayu sukma.wirani@undiksha.ac.id Putra Manik Aryana Ida Bagus manik.aryana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini membahas tentang: (1) Tata cara menerapkan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan nyurat aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (2) Model Kooperatif tipe NHT dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan, (3) Pendapat siswa mengenai penerapan model Kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teori, yaitu: model Kooperatif tipe NHT, keterampilan menulis, dan aksara Bali. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Sawan yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling dan subjek penelitian ini adalah pembelajaran menulis aksara Bali serta kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali. Selain itu, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu (1) Hasil tes kemampuan siswa dalam menulis aksara Bali meningkat dari data awal dengan rata-rata 67,5 meningkat pada siklus I dengan rata-rata 73,94 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 81,47. (2) Hasil pendapat siswa pada pembelajaran menulis aksara Bali dengan model Kooperatif tipe NHT meningkat dengan rata-rata 19,34 kategori baik pada siklus I meningkat pada siklus II dengan rata-rata 23,40. Dengan diterapkannya model Kooperatif tipe NHT sebagai salah satu model inovatif mampu meningkatkan semangat kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/62412 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA BALI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VISUAL BERUPA MIND MAPPING 2023-06-05T00:58:10+00:00 Ni Kadek Ayu Dewi Ratni ayu.dewi.ratni@undiksha.ac.id Ida Bagus Rai bagus.rai@undiksha.ac.id I Ketut Paramarta ketut.paramarta@undiksha.ac.id <div id="contentsContainer" class="style-scope qowt-page"> <div id="contents" class="style-scope qowt-page"> <p id="E213" class="qowt-stl-Normal x-scope qowt-word-para-3"><span id="E214" class="qowt-font6-Arial">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tata cara meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran </span><span id="E215" class="qowt-font6-Arial">problem based learning (PBL)</span><span id="E216" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E217" class="qowt-font6-Arial">mind mapping</span><span id="E218" class="qowt-font6-Arial"> pada sisiwa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida, 2) mengetahui apakah model pembelajaran </span><span id="E219" class="qowt-font6-Arial">problem based learning (PBL)</span><span id="E220" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E221" class="qowt-font6-Arial">mind mapping</span><span id="E222" class="qowt-font6-Arial"> bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida, dan 3) pendapat sisiwa mengenai meningkatkan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran </span><span id="E223" class="qowt-font6-Arial">problem based learning (PBL)</span><span id="E224" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E225" class="qowt-font6-Arial">mind mapping</span><span id="E226" class="qowt-font6-Arial"> pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa Penida dan objek penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan </span><span id="E227" class="qowt-font6-Arial">model problem based learning (PBL)</span><span id="E228" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E229" class="qowt-font6-Arial">mind mapping</span><span id="E230" class="qowt-font6-Arial"> dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, tes, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) tata cara guru meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali menggunakan model </span><span id="E231" class="qowt-font6-Arial">problem based learning (PBL)</span><span id="E232" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E233" class="qowt-font6-Arial">mind mapping </span><span id="E234" class="qowt-font6-Arial">sesuai dengan perencanaan, yang terdiri dari pembuka, inti, dan penutup pembelajaran, (2) </span><span id="E235" class="qowt-font6-Arial">model problem based learning (PBL)</span><span id="E236" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E237" class="qowt-font6-Arial">mind mapping</span><span id="E238" class="qowt-font6-Arial"> untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali, terdapat peningkatan skor rata-rata siswa pada siklus I 73,28, siklus II 84,62, dan (3) pendapat sisiwa mengenai meningkatkan menulis aksara Bali menggunakan model pembelajaran </span><span id="E239" class="qowt-font6-Arial">problem based learning (PBL)</span><span id="E240" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E241" class="qowt-font6-Arial">mind mapping</span><span id="E242" class="qowt-font6-Arial">, pada siklus I skor pendapat siswa yang berkategori baik, pada siklus II skor pendapat siswa berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan terdapat pengaruh yang baik ketika menggunakan model </span><span id="E243" class="qowt-font6-Arial">problem based learning (PBL)</span><span id="E244" class="qowt-font6-Arial"> dengan media visual berupa </span><span id="E245" class="qowt-font6-Arial">mind mapping</span><span id="E246" class="qowt-font6-Arial"> pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Nusa </span>Penida.</p> </div> </div> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/62646 MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BALI MODERN DENGAN MEDIA LAGU POP BALI "BUNGAN SANDAT" 2023-06-05T00:50:06+00:00 Suwidnyana Putu suwidnyana@undiksha.ac.id Ida Bagus Putra Manik Aryana manik.aryana@undiksha.ac.id I Ketut Paramarta ketut.paramarta@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) tata cara penggunaan lagu pop Bali Bungan Sandat dalam menulis puisi Bali modern pada siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Singaraja, 2) mengetahui keterampilan menulis puisi Bali modern menggunakan lagu pop Bali Bungan Sandat pada siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Singaraja, dan 3) pendapat siswa mengenai penggunaan lagu pop Bali Bungan Sandat dalam menulis puisi Bali modern pada siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Singaraja dan objek penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan lagu pop Bali Bungan Sandat dalam menulis puisi Bali modern. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, tes, dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tata cara guru menggunakan lagu pop Bali Bungan Sandat dalam pembelajaran menulis puisi bali modern sesuai dengan perencanaan, yang terdiri dari pembuka, inti, dan penutup pembelajaran, (2) menggunakan lagu pop Bali Bungan Sandat dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bali, terdapat peningkatan skor rata-rata siswa pada siklus I 73,35, siklus II 78,71, dan (3) siswa berpendapat tentang penggunaan lagu pop Bali Bungan Sandat pada siklus I skor pendapat siswa 21,92 yang berkategori baik, pada siklus II skor pendapat siswa 24,05 berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan, terdapat pengaruh yang baik ketika menggunakan lagu pop Bali Bungan Sandat dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi Bali modern pada siswa kelas X 7 SMA Negeri 2 Singaraja.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci: Menulis, Puisi Bali Modern, Lagu Pop Bali, Bungan Sand</p> <p>at</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/62857 ANALISIS PEMETAAN BLOK AKSARA BALI DALAM NAMA SISWA SMA NEGERI 1 SUKASADA 2023-06-07T15:08:54+00:00 Luh Putu Ayu Widiasih ayu.widiasih@undiksha.ac.id I Ketut Paramarta ketut.paramarta@undiksha.ac.id I Wayan Gede Wisnu gede.wisnu@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pemetaan blok aksara Bali dari kata penyusun nama lengkap siswa SMA Negeri 1 Sukasada. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni teori mengenai sistem tulis abugida serta teori pasang aksara Bali. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan siswa SMA Negeri 1 Sukasada sebagai subjek penelitianya serta pemetaan blok aksara Bali sebagai objek penelitianya. Pada penelitian ini terdapat 132 kata penyusun nama lengkap siswa yang dianalisis pemetaan blok aksara Balinya. Analisis pemetaan blok aksara Bali pada penelitian ini dilakukan dengan dua tahap yakni yang pertama dengan menganalisis jumlah blok penyusun nama siswa serta yang kedua dengan menganalisis blok simbol yang menyusun nama-nama tersebut. Hasil dari analisis pemetaan blok aksara Bali pada penelitian ini yakni 1) terdapat 62 nama siswa dari 132 tottal keseluruhan yang disusun oleh 2 blok aksara karena nama siswa dominan dibangun oleh dua silabel atau dua suku kata, 2) blok simbol yang paling banyak ditemukan dalam nama siswa yakni blok simbol CV (konsonan vokal) karena blok simbol ini melambangkan semua bentuk aksara yang diiringi dengan pengangge suara.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Pemetaan, Blok aksara, Blok simbol</p> 2023-12-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha