https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/issue/feed Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha 2024-07-05T06:54:46+00:00 Ida Ayu Sukma Wirani sukma.wirani@undiksha.ac.id Open Journal Systems <div id="journalDescription-61" class="journalDescription"><hr /> <table class="data" width="100%"> <tbody> <tr valign="top"> <td width="20%">Journal title</td> <td width="80%"><strong>Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Initials</td> <td width="80%"><strong>JPBB</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Abbreviation</td> <td width="80%"><strong>JPBB Undiksha</strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Frequency</td> <td width="80%"><strong>Two issues per year </strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">DOI</td> <td width="80%"><strong>prefix <a href="https://doi.org/10.23887/jpbb.v9i1">10.23887/jpbb.v9i1</a></strong><strong><br /></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Print ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2614-1914" target="_blank" rel="noopener">2614-1914</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Online ISSN</td> <td width="80%"><strong><a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2599-2627" target="_blank" rel="noopener">2599-2627</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Editor-in-chief</td> <td width="80%"><strong><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6023316" target="_blank" rel="noopener">Ida Ayu Sukma Wirani</a></strong></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Publisher</td> <td width="80%"><a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/" target="_blank" rel="noopener"><strong>Universitas Pendidikan Ganesha</strong></a></td> </tr> <tr valign="top"> <td width="20%">Organizer</td> <td width="80%"><strong>Faculty of Languages and Arts - Undiksha</strong></td> </tr> </tbody> </table> <hr /> <p><strong>Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha (JPBB) </strong>adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) . Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan pembelajaran tentang pendidikan bahasa Bali. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan bagi masyarakat akademik. Mulai terbitan selanjutnya artikel pada jurnal akan menggunakan bahasa Indonesia. <span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="id" data-language-to-translate-into="en" data-phrase-index="8" data-number-of-phrases="9"><span class="Q4iAWc">Untuk pengiriman artikel baru, silakan <a href="https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/submission/wizard" target="_blank" rel="noopener">klik di sini</a></span></span></p> <p><span id="result_box" lang="en"><strong>p-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1512012186" target="_blank" rel="noopener">2614-1914</a> (cetak) dan e-ISSN : <a href="http://u.lipi.go.id/1511514754" target="_blank" rel="noopener">2599-2627</a> (online)<br /></strong></span></p> </div> https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/64484 Nilai Pendidikan Karakter Kumpulan Cerpen Antug-Antugan Karya I Wayan Kardji 2023-06-26T09:10:08+00:00 I Kadek Justiawan justiawan@undiksha.ac.id Ida Ayu Sukma Wirani sukma.wirani@undiksha.ac.id Ida Ayu Putu Purnami putu.purnami@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan dan mengenalkan tentang nilai pendidikan karakter dan amanat yang ada dalam kumpulan satua banyol jaruh antuga-antugan karya I Wayan Kardji. Penelitian yang diklakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kumpulan satua banyol jaruh antug-antugan karya I Wayan Kardji. Objek dalam penelitian ini adalah nilai pendidikan karkater dan amanat yang terkandung dalam kumpulan satua bayol jaruh antug-antugan karya I Wayan Kardji. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan dalam penelitian ini&nbsp; menggunkan kartu data. Pada analisis data dimulai dari reduksi data kemudian pemaparam data yang diikuti dengan penyimpulan dan verifikasi. Data tentang nilai pendidikan karakter diperoleh sebanyak 11 nilai yang terdapat dalam kumpulan satua berupa, nilai ketuhanan, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai berteman, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, nilai rasa ingin tahu, nilai kreatif, nilai demokrasi, nilai mandiri. Amanat yang diperoleh diharpakan masyarakat dapat mengembangkan dan menopang perkembangan budaya dengan menjadikan acuan dalam berprilaku sehari-hari.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Nilai karakter, Amanat, Satua</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/64877 Meningkatkan Keterampilan Paribasa Bali Menggunakan Web Educandy Pada Siswa SMA Ngeri 1 Kuta Utara 2023-07-02T04:40:49+00:00 I Made Restu Adi Putra restu.adi@undiksha.ac.id Ida Bagus Rai bagus.rai@undiksha.ac.id Ida Ayu Sukma Wirani sukma.wirani@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi (1) supaya tahu cara-cara menggunakan sarana Web Educandy di pelajaran paribasa Bali dari siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara, (2) Supaya tahu di sarana Web Educandy digunakan meningkatkan pengetahuan paribasa Bali dari siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara, (3) Supaya tahu dari pendapat para siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara kegunaan sarana Web Educandy ketika digunakan di pembelajaran paribasa Bali. Data penelitian dikumpulkan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan kualitatif melalui observasi, tes dan kuesioner. Tes kuesioner digunakan sebagai alat utama dari pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memastikan keadaan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Kuta Utara. Yang akan menjadi sasaran dalam pembelajaran menggunakan sarana Web Educandy dalam pembelajaran paribasa Bali. penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian dan pengembangan yang akan datang.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>Paribasa, Bahasa Bali, Web Educandy</p> <p>&nbsp;</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/65393 Bentuk-bentuk Istilah Pernikahan di Desa Adat Batur 2023-09-08T18:05:17+00:00 I Komang Doni Mahendra doni.mahendra@undiksha.ac.id I Ketut Paramarta ketut.paramarta@undiksha.ac.id Ida Bagus Rai bagus.rai@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini menjelaskan tentang keberadaan berbagai istilah pernikahan yang ada di desa Batur. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bentuk-bentuk dari istilah pernikahan di desa adat Batur tersebut. Subjek penelitian ini adalah desa adat Batur tersebut, sedangkan objek penelitian ini adalah bentuk-bentuk istilah pernikahan di desa adat Batur. Metode peneliian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah identifikasi data, reduksi data, klasifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber diantaranya (1) buku Raja Purana Pura Ulun Danu Batur, (2) tokoh-tokoh desa adat Batur,dan (3) buku <em>awig-awig</em> desa adat Batur. Dari sumber tersebut diperoleh 20 istilah-istilah dalam pernikahan di desa adat Batur yang dikelompokan berdasarkan sumber perolehan data tersebut, yaitu 12 istilah buku Raja Purana Ulun Danu Batur yaitu: <em>(1) Bangkung Panguwug, (2) Ketumiman, (3) Mangadol pianak, (4) Makedengan ngad, (5) Pada gelahang, (6)Masomahan amisan, (7)Mamaduang nyama, (8) Manekayang, (9) Kacolongan, (10)Tiing Ambis, (11)Anak mangiyuh </em>dan <em>(12)Palit genta</em>. Kemudian 4 istilah tambahan dari tokoh desa adat Batur yaitu: <em>(1)Nyeburin, (2) Ngejuk, (3) Morong, </em>dan<em> (4) Gowak ngukup taluh</em>. Dan ada 4 istilah yang diperoleh dari <em>awig-awig</em> desa adat Batur, yaitu: (<em>1) Mapragat, (2)Mamirak, (3) Memadik</em> dan<em> (4)Ngerorod</em>. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa istilah-istilah seperti peribahasa Bali bisa digunakan dalam stiap keadaan seperti dalam pernikahan. Banyak ditemukan istilah-istilah pernikahan, seperti pernikahan di Batur, istilah-istilah tersebut akan selalu mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/68331 Meningkatkan Kemampuan Paribahasa Bali Melalui Model Project Based Learning Siswa Smp Negeri 5 Melaya GERI 5 MELAYA 2023-10-12T07:32:23+00:00 I Kadek Suastika Adnyana suastka.adnyana@undiksha.ac.id Ida Ayu Sukma Wirani sukma.wirani@undiksha.ac.id I Wayan Gede Wisnu gede.wisnu@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaplikasian sekaligus manfaat positif dipergunakannya model <em>Project Based Learning </em>pada pembelajaran Peribahasa Bali, bagaimana tahapan atau sintak pembelajaran yang efektif dan efisien sebab pembelajaran dilaksanakan sesuai runtutan, bagaimana memunculkan gairah belajar pada siswa dengan memancing nalar serta pikiran kritis melalui kegiatan proyek dalam kegiatan pembelajaran, serta bagaimana dengan memanfaatkan model pembelajaran terkait dapat membantu meningkatkan kompetensi para siswa terutama di kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 23 orang siswa. Adapun subjek dalam penelitian ini tidak lain adalah seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya, sedangkan yang menjadi objeknya adalah pembelajaran peribahasa Bali yang menggunakan model <em>Project Based Learning. </em>Adapun data yang berhasil dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari kegiatan observasi, tes dan juga kuesioner tersusun. Adapun analisis data yang digunakan ialah teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan rumusan masalah, diperoleh hasil bahwa pembelajaran terlaksana dengan baik sesuai sintak dan perencanaan pembelajaran, siswa pun memperoleh hasil yang memuaskan, serta memberikan pendapat atau tanggapan positif terhadap jalannya pembelajaran menggunakan model <em>Project Based Learning. </em>Oleh sebab itu, berdasarkan hasil positif yang diperoleh maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa pemilihan dan penggunaan model <em>Project Based Learning</em> pada pembelajaran Peribahasa Bali dengan sasaran siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Melaya tepat mengenai inti tujuan pembelajaran tersebut.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata kunci : Model pembelajaran, <em>Project Based Learning</em>, peribahasa Bali.</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/64280 Unsur Intrinsik dan Nilai Pendidikan Karakter pada Kumpulan Cerpen "Surat Uli Amsterdam" oleh Ketut Sugiartha 2023-06-26T09:26:25+00:00 Ni Luh Novita Sari novita.sari@undiksha.ac.id Ida Bagus Putra Manik Aryana manik.aryana@undiksha.ac.id Ida Bagus Rai bagus.rai@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) unsur intrinsik dan (2) nilai pendidikan karakter pada kumpulan cerpen Surat Uli Amsterdam oleh Ketut Sugiartha. Subjek penelitian ini adalah kumpulan cerpen Surat Uli Amsterdam oleh Ketut Sugiartha. Objek penelitian ini adalah adalah unsur intrinsik dan nilai Pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan observasi pada saat mengumpulkan data unsur intrinsik dan Pendidikan karakter. Data periksa yang digunakan: (1) identifikasi data, (2) reduksi data, (3) klasifikasi data, (4) interpretasi data dan (6) verifikasi data. Hasil penelitian kumpulan cerpen Surat Uli Amsterdam oleh Ketut Sugiartha seperti: (1) unsur intrinsik dalam cerpen ini lengkap ada (7), seperti: tema, alur, latar, tokoh dan perwatakan, sudut pandang, amanat dan gaya bahasa. (2) Nilai Pendidikan karakter hasil yang didapatkan 13 (tiga belas) seperti: nilai kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/65399 Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Bali Melalui Model Berbasis Proyek Di Sma Negeri Bali Mandara 2023-07-06T10:04:16+00:00 Ni Putu Devi Sucyani devi.sucyani@undiksha.ac.id Ida Bagus Rai bagus.rai@undiksha.ac.id Ida Bagus Made Ludy Paryatna ludy.paryatna@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi (1) penggunaan model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali di kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, (2) Model Project Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali di kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, (3) Model Project Based Learning dapat menjadi panduan bagi guru saat memberikan arahan dalam penggunaan bahasa Bali dalam konteks wacana <em>maparibasa Bali</em> kepada siswa, (4) Penelitian ini melibatkan siswa kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara dalam penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Bali. Data penelitian dikumpulkan menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi, tes, dan kuesioner. Kartu data digunakan sebagai alat utama pengumpulan data dalam penelitian ini untuk memastikan keandalan data. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri Bali Mandara, yang akan menjalani model PjBL (Project Based Learning) dalam pembelajaran berbicara dalam bahasa Bali dengan membuat wacana <em>maparibasa Bali</em>. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian dan pengembangan yang akan datang.</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/64034 Kajian Sosiokultural, Tatwa, dan Nilai Budaya Masyarakat Batur dalam Satua Ki Balian Batur oleh Kanduk Supatra 2023-06-22T03:38:41+00:00 I Putu Rudi Astrawan rudi.astrawan@undiksha.ac.id Manik Aryana Ida Bagus Putra manik.aryana@undiksha.ac.id Rai Ida Bagus bagus.rai@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui tentang Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra dari segi tatwa, budaya, dan keberadaan sosiokultural yang berkaitan dengan desa Batur. Metode penelitian kualitatif dijadikan sebagai metode penyelesaian masalah penelitian dengan metode pengumpulan data berupa analisis data, pengelompokan data, dan peneltian data. Subjek penelitian ini adalah Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra. Objek penelitian ini adalah keberadaan tatwa, budaya, dan sosiokultural dalam Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra. Hasil penelitian ini keberadaan tatwa, budaya, dan sosiokultural dalam Satua Ki Balian Batur olih Kanduk Supatra. Dresta yang ada pada desa Batur memiliki ciri khas yang sudah menjadi suatu keharusan untuk dilaksanakan dalam praktik-praktik upacara. Untuk menjalankan kewajiban sebagai masyarakat Batur ada pada Aji Penengan. Sebagai penuntun dalam semua kegiatan adalah seorang guru yang disebut catur guru. Penelitian ini diharapkan menjadi pedoman dalam melihat dresta yang ada pada daerah Batur dan dapat menjalankan dan menghormati aturan yang berlaku untuk menjaga keharmonisan desa Batur.</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBB/article/view/67614 Meningkatkan Kemampuan Menulis Pupuh Sinom Dengan Metode Copy The Master Pada Siswa Sma N 1 Pekutatan 2023-09-08T18:02:01+00:00 Ni Kadek Ayu Kembariyani ayu.kembariyani@undiksha.ac.id Ludy Paryatna Ida Bagus Made ludy.paryatna@undiksha.ac.id Purnami Ida Ayu Putu putu.purnami@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang (1) Penelitian dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru menggunakan <em>Metode Copy The Master</em> dalam meningkatkan kemampuan dalam menulis Pupuh Sinom bagi siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Pekutatan. (2) <em>Metode Copy The Master</em> dapat digunakan untuk mempelajari dan menulis Pupuh Sinom bagi siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Pekutatan. (3) Data siswa dalam penggunaan <em>Metode Copy The Master</em> dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis Pupuh Sinom pada siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Pekutatan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data menggunakan tes praktik dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Pekutatan, yang objek penelitian adalah metode mengajar <em>Copy The Master</em> dalam menulis Pupuh Sinom. Temuan dari penelitian ini adalah 1) Pembelajaran <em>Inovatif</em>. 2) Pembelajaran yang <em>kreatif</em>. 3) Didapatkan rangkaian pembelajaran yang <em>sistematis</em>. Penelitian ini memiliki implikasi yang dapat digunakan dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran.</p> 2024-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha