THE ANALYSIS OF VERBAL AND VISUAL SIGNS IN HORROR MOVIE POSTERS

Penulis

  • Ni Ketut Dewitri Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Indonesia
  • I Made Yogi Marantika Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar, Indonesia

Kata Kunci:

English

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis makna tanda verbal dan visual dalam poster film horor. Penelitian ini menganalisis poster film horor karena poster merupakan alat penting dalam pemasaran suatu produk dan film horor memiliki peminat yang besar diseluruh dunia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Annabelle Comes Home (2019) dan The Curse of La Llorona (2019) adalah data yang digunakan pada penelitian ini. Data tersebut dikumpulkan dengan cara menonton film untuk menemukan alur cerita dalam poster, mengunduh poster melalui via internet, membaca dan mencatat informasi penting sesuai dengan topik, kemudian mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan data ke dalam tanda verbal dan visual untuk menemukan makna data. Penelitian ini menggunakan tiga teori. Teori pertama digunakan dari teori Saussure dalam buku Chandler (2007:14)  untuk mengidentifikasi tanda verbal dan visual, dilanjutkan dengan teori Barthes (1977) untuk menganalisis makna denotatif dan konotatif, dan teori terakhir menggunakan teori dari Cerrato (2012)  untuk menganalisis makna warna. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan sebelas tanda verbal dan tujuh tanda visual. Enam tanda verbal dan tiga tanda visual dalam poster film Annabelle Comes Home, lima tanda verbal dan empat tanda visual dalam poster film The Curse of La Llorona. Penelitian ini juga menemukan makna denotatif dan konotatif dari tanda verbal dan visual dalam dua poster film tersebut.

Referensi

Astriyani (2018). The data source was taken from LA Bold Electronic advertisement. Foreign Languages Mahasaraswati Denpasar University.

Barthes, R. (1977: 89). Elements of Semiology 1st Edition. New York: Hill &Wang. Retrieved from: https://monoskop.org/File:Barthes_Roland_Elements_of_Semiology_1977.pdf

Cerrato, H. (2012). The meaning of Colors. Retrieved from: https://blocs.xtec.cat/gemmasalvia1617/files/2017/02/the-meaning-of-colors-book.pdf

Chandler, D. (2007). Semiotic the basic 2nd Edition. London and New York: Routledge Retrieved from: http://www.wayanswardhani.lecture.ub.ac.id/files/2013/09/Semiotics-the-Basics.pdf

Dhananjaya, A. (2019). Verbal and Non-Verbal Signs of “Moana” Movie posters. Udayana University. Retrieved from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/46962

Johnson, J. P. (2013). Targeted advertising and advertising avoidance. The RAND Journal of Economics, 44(1), 128-144.

KBBI. Poster. Retrieved from: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Poster

Lambert. (2012). Qualitative descriptive research: An acceptable design. Pasific Rim International Journal of Nursing Research. 16(4), 255-256

Nelson & Shaw. (2002). Introduction to Public Communication. Retrieved from: http://kell.indstate.edu/public-comm-intro/chapter/3-2-defining-verbal-communication/

Saussure, F. D. (1974): Course in General Linguistics (trans. Wade Baskin). London: Fontana/Collins

Cambridge Dictionary. Meaning of Visual. Retrieved from: https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/visual

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Ni Ketut Dewitri, & I Made Yogi Marantika. (2023). THE ANALYSIS OF VERBAL AND VISUAL SIGNS IN HORROR MOVIE POSTERS. Language and Education Journal Undiksha, 6(1), 9–19. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBI/article/view/52196

Terbitan

Bagian

Articles