Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jepang Keperawatan Untuk Siswa Kelas X Semester Ganjil Jurusan Keperawatan di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja

Authors

  • Wayan Bagiasa Universisat Pendidikan Ganesha
  • Desak Made Sri Mardani Sri Mardani Universisat Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universisat Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v4i1.15202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar yang sesuai dengan kurikulum dan silabus mata pelajaran bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja untuk kelas X semester ganjil jurursan keperawatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan 4-D models. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru mata pelajaran bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja ditemukan masalah yaitu belum terdapat buku ajar bahasa Jepang yang sesuai dengan kebutuhan siswa khususnya untuk siswa kelas X semester ganjil jurusan keperawatan. (2) Buku ajar ini menghasilkan materi bahasa Jepang di bidang kesehatan. (3) Berdasarkan angket ahli isi materi, buku ajar yang dibuat sudah sesuai dengan kurikulum dan silabus bahasa Jepang di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja. Diharapkan buku ajar ini bermanfaat untuk guru dan sekolah di SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja sebagai sumber materi bahasa Jepang di bidang kesehatan.
Kata Kunci : Bahasa Jepang, buku ajar, keperawatan, penelitian dan pengembangan.

本研究は、シンガラジャウィディアウサダ保健医療実業高等学校看護コ-ス10 年前期生が、日本語授業で使用する教科書を作成する調査開発研究であり、4 -Dモデル計画によるものである。対象は、同校日本語科日本語指導教師である。デ-タは、インタビュー、アンケート、録画により修集し、定性的記述法により分析した。結果、(1)同校日本語指導教師へのインタビュー及びアンケートで、同校看護コ-ス10年前期で目的に適して使用できる日本語教科書が、未だ存在しないことが判明した。(2) 作成した日本語教科書の内容は、看護コ-スに適したものである。(3)専門家の検定後のアンケートにより、作成した教科書は、同校看護コ-スのカリキュラム及びシラバスに沿ったものである。作成した日本語教科書が、同校看護コ-スの日本語授業で役に立つことを期待する
keyword : 日本語、教科書、看護、研究と開発

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles